Tembus Rp 50 T, Net Sell Asing 2018 Tertinggi Dalam 15 Tahun!

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
30 December 2018 11:55
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2018 terbukti menjadi tahun yang berat bagi pasar saham tanah air. Sepanjang tahun ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membukukan pelemahan sebesar 2,54%. Terakhir kali IHSG membukukan imbal hasil negatif secara tahunan adalah pada tahun 2015, yakni sebesar 12,1%.

Tak sampai disitu, catatan negatif bagi IHSG juga datang dari aksi jual investor asing yang begitu besar. Sepanjang tahun ini, investor asing membukukan jual bersih senilai Rp 50,75 triliun di pasar saham tanah air, seperti dilansir dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tim Riset CNBC Indonesia mengumpulkan data aliran modal investor asing di pasar saham secara tahunan melalui IDX Fact Book yang dipublikasikan oleh BEI. Data yang berhasil dikumpulkan adalah pada periode 2004-2017.




Dari data tersebut terlihat bahwa jual bersih pada tahun ini merupakan yang terbesar dalam setidaknya 15 tahun. Selain itu, pasar saham Indonesia juga mengalami sesuatu yang sangat jarang atau mungkin belum pernah dialami sebelumnya: investor asing membukukan jual bersih selama dua tahun berturut-turut.

Aksi jual investor asing selama dua tahun berturut-turut tentu patut diwaspadai. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka sudah tak lagi melirik Indonesia sebagai destinasi untuk berburu saham.
Pertumbuhan Ekonomi Mengecewakan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading