Dapat Utangan Bank Rp 4,16 T, JSMR Kebut Tol Japek Selatan

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
29 December 2018 15:43
Dapat Utangan Bank Rp 4,16 T, JSMR Kebut Tol Japek Selatan
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), kelompok usaha PT Jasa Marga Tbk (JSMR), kantongi fasilitas pembiayaan sindikasi Dana Talangan Tanah sebesar Rp 4,162 triliun. Dana talangan akan digunakan JJS sebagai pemegang hak pengesahaan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan untuk mempercepat pembangunan.

"Kami berharap bahwa dengan dukungan pembiayaan ini, proyek jalan tol sepanjang 62 Km bisa selesai sesuai rencana ," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Dedi Krisnariawan Sunoto, melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/12/2018).

Penandatanganan fasilitas pembiayaan dana talangan sindikasi berlangsung kemarin, Jumat (28/12). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Dedi Krisnariawan Sunoto dengan tiga kreditur sindikasi.


Ketiga bank itu adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk dan PT Bank Negara Indonesia. Masing-masing bank memberikan dana talangan sebesar RP 1,387 triliun.

Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan terdiri atas tiga paket sepanjang kurang lebih 62 km dari Jati Asih menuju Ke Sadang. Paket satu sepanjang 9,3 Km, Paket dua sepanjang 24,85 km dan Paket tiga sepanjang 27,85 Km.

Pelaksanaan pekerjaan konstruksi akan dimulai dari Paket 3 karena lahan sudah tersedia. Selain itu, di lokasi tersebut juga dalam penguasaan Jasa Marga, yakni di Simpang Susun Sadang dan lokasi tanah sepanjang kurang lebih 10,5 Km yang dimiliki oleh Perum Perhutani.

Nantinya, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kemacetan di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sudah ada. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung.

Selain itu, Jalan Tol Japek II Selatan ini diharapkan dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading