The Fed Masih Agresif, Indeks Shanghai Dibuka Turun 0,2%

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
20 December 2018 09:02
Indeks Shanghai dibuka melemah 0,2%, sementara indeks Hang Seng melemah 0,55%.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka melemah 0,2% ke level 2.544,51, sementara indeks Hang Seng melemah 0,55% ke level 25.723,53.

Hasil pertemuan The Federal Reserve selaku bank sentral AS membawa kabar buruk bagi bursa saham China dan Hong Kong. Pada dini hari tadi, The Fed memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 bps.

Lebih lanjut, The Fed memproyeksikan kenaikan sebanyak 2 kali (50 bps) pada tahun depan, turun dari proyeksi sebelumnya yang sebanyak 3 kali (75 bps).


Namun, pelaku pasar sebenarnya mengharapkan bahwa The Fed akan lebih berani dalam mengerem normalisasinya. Hingga kemarin sore, berdasarkan harga kontrak Fed Fund futures, probabilitas FFR berada di level 2,25-2,5% (tidak ada kenaikan suku bunga acuan) pada tahun 2019 adalah sebesar 46,7%, naik dari posisi bulan lalu yang hanya sebesar 23,9%.

The Fed masih akan agresif dalam menaikkan tingkat suku bunga acuan terlepas dari diturunkannya proyeksi pertumbuhan ekonomi. Untuk tahun ini, pertumbuhan ekonomi AS diproyeksikan sebesar 3%, turun 10 bps dari proyeksi sebelumnya yang sebesar 3,1%.

Untuk tahun 2019, angkanya diproyeksikan melandai ke level 2,3%, juga lebih rendah dari proyeksi sebelumnya yang sebesar 2,5%.

Ditengah perang dagang dengan China yang belum benar-benar usai, normalisasi yang kelewat agresif dikhawatirkan akan memukul perekonomian AS lebih dalam dari yang diproyeksikan The Fed, yang pada akhirnya akan sangat mempengaruhi perekonomian China.

Pada pagi hari ini, tingkat suku bunga acuan di Hong Kong dikerek naik sebesar 25 bps sebagai respons dari kebijakan serupa yang diambil The Fed.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading