Luar Biasa! BEI yakin Investor Baru 2018 Bisa Capai 250 Ribu

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 November 2018 11:37
Luar Biasa! BEI yakin Investor Baru 2018 Bisa Capai 250 Ribu
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mencetak rekor pertambahan jumlah investor saham ritel mencapai 200 ribu (year to date), Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis jumlah investor ritel baru hingga akhir tahun bisa mencapai 250 ribu dalam bentuk penambahan jumlah single investor identification (SID).

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan jumlah ini bisa dicapai karena tiap harinya tercatat investor baru ini bisa mencapai 1.500 per hari. Sehingga jika dikalkulasikan sampai akhir tahun ini penambahan tersebut bisa dibilang masuk akal.

"Kalau pertumbuhan sekarang percepatan ya per hari kita mencatat 1.500 penambahan investor di hari kerja. Jadi mudah-mudahan sisanya 20-25 hari kerja berikutnya akan kembali tumbuh sekitar 40 ribu jadi mudah-mudahan mendekati 250 ribu sampai akhir tahun," kata Hasan di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (22/11).

Menurut dia, pertumbuhan selama 3-4 bulan terakhir pertumbuhan investor ini lebih cepat mencapai 10 ribu per bulannya. Dari pertumbuhan tersebut, ditemukan bahwa pertumbuhan investor milenial dan karyawan/pegawai yang mengalami pertumbuhan signifikan.


Selain itu, langkah beberapa emiten yang juga mengajak karyawannya untuk membuka rekening saham turut berkontribusi dalam penambahan jumlah investor ini.

Hingga hari ini tercatat jumlah single investor identification (SID) di pasar modal mencapai 829.436 SID. Sementara secara keseluruhan jumlah investor di pasar modal Indonesia mencapai 1.567.869 SID. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading