Lepas Asuransi Jiwa ke FWD Group, Commonwealth Dapat Rp 4,6T

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
23 October 2018 11:03
Lepas Asuransi Jiwa ke FWD Group, Commonwealth Dapat Rp 4,6T
Jakarta, CNBC Indonesia - Commonwealth Bank of Australia (CBA) resmi melepas bisnis asuransi jiwanya di Indonesia dengan menjual 80% saham Commonwealth Life kepada FWD Group. Kebijakan ini sebagai cara CBA kembali ke bisnis intinya bidang perbankan.

Nilai akuisisi ini mencapai AU$426 juta atau US$300 juta atau setara Rp 4,56 triliun (asumsi US$1 = Rp 15.200).

Mengutip Financial Riview, pengumuman ini mengikuti serangkaian divestasi bisnis asuransi jiwa yang diumumkan oleh CBA. Pada bulan September lalu CBA mengatakan akan menjual anak usaha asuransi jiwa CommInsure kepada perusahaan asuransi AIA pan-Asia.


CBA juga menjual 37,5 persen saham BoComm Life di China kepada grup Jepang Mitsui Sumitomo Insurance. Kesepakatan diharapkan akan selesai pada paruh pertama tahun 2019, menunggu persetujuan pengaturan.

Penjualan CBA pun menjual bisnis asuransi jiwa Selandia Baru kepada AIA Group yang selesai pada Juli 2018.

Dana segar sebesar US$426 juta mewakili 3 kali nilai buku Commonwealth Life pada 30 Juni 2018 dan 16 kali laba bersih setelah pajak untuk tahun keuangan 2018, kata CBA.

CBA mengatakan akan ada pembayaran tambahan potensial dari waktu ke waktu tergantung pada seberapa baik kemitraan distribusi dilakukan.

Di bawah kemitraan distribusi, PT Bank Commonwealth akan terus mendapatkan pendapatan dari distribusi produk asuransi jiwa, kata CBA.

FWD dimiliki oleh Hong Kong miliarder Richard Li Pacific Century Group dan menjangkau Hong Kong dan Makau, Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Jepang, menawarkan asuransi jiwa dan medis, asuransi umum dan tunjangan karyawan di sejumlah pasarnya. .

Commonwealth Life telah memiliki kantor di 20 kota besar di Indonesia, melayani lebih dari 400.000 pelanggan individu dan kelompok.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading