Kinerja Sektor Keuangan Kinclong, tapi Menakutkan Wall Street

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
17 October 2018 19:44
Kinerja Sektor Keuangan Kinclong, tapi Menakutkan Wall Street
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasca membukukan penguatan signifikan pada perdagangan Selasa (16/10/2018), Wall Street berpotensi dibuka melemah pada perdagangan hari ini: kontrak futures Dow Jones dan S&P 500 mengimplikasikan penurunan sebesar 100 dan 3 poin pada saat pembukaan, sementara Nasdaq diimplikasikan naik sebesar 35.

Positifnya kinerja keuangan dari korporasi yang melantai di AS nampak mulai menjadi bumerang bagi Wall Street. Belum lama ini, 3 bank besar di AS yakni JPMorgan Chase, Citigroup, dan Wells Fargo mengumumkan pendapatan yang lebih tinggi dari ekspektasi untuk periode kuartal-III 2018. Sementara itu, Bank of America, Goldman Sachs, dan Morgan Stanley mencatatkan laba per saham (earnings per share/EPS) yang lebih baik dari estimasi analis.

Kinerja korporasi sektor jasa keuangan yang meningkat tersebut akan memberikan alasan yang lebih besar bagi The Federal Reserve selaku Bank Sentral AS untuk menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember.


Mengutip situs resmi CME Group yang merupakan pengelola bursa derivatif terkemuka di dunia, berdasarkan harga kontrak Fed Fund futures per 17 Oktober 2018, kemungkinan bahwa the Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuan pada penghujung tahun ini adalah sebesar 77,3%.

Di satu sisi, kenaikan suku bunga acuan memang mengonfirmasi kuatnya laju perekonomian Negeri Paman Sam. Namun di sisi lain, kenaikan suku bunga acuan yang kelewat agresif dikhawatirkan bisa 'mematikan' kekuatan ekonomi terbesar dunia tersebut, lantaran perang dagang dengan China masih jauh dari kata usai.

Pada pukul 23:10 WIB, anggota FOMC Lael Brainard dijadwalkan untuk memberikan pidato berjudul "Fintech and Financial Inclusion' pada acara Federal Reserve Bank of Boston's Fintech conference.

Pada pukul 01:00 WIB (18/10/2018), the Federal Reserve dijadwalkan untuk merilis minutes of meeting dari pertemuannya pada bulan September.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading