Pengusaha: Gejolak Ekonomi Global Bikin Usaha Tak Nyaman

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 September 2018 15:46
Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) buka suara mengenai gejolak ekonomi global
Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan pengusaha yang tergabung dalamĀ Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) buka suara mengenai gejolak ekonomi global yang masih penuh dengan ketidakpastian.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menegaskan, dinamika ketidakpastian ekonomi global yang telah berlangsung sejak awal tahun telah membuat dunia usaha tak nyaman.

"Gejolak ekonomi dunia mulai terasa membuat suasana kurang nyaman dalam berusaha," kata Hariyadi dalam sebuah seminar di Kempinski, Jumat (14/9/2018).
Pengusaha: Gejolak Ekonomi Global Bikin Usaha Tak NyamanFoto:Ketum Apindo, Hariyadi Sukamdani

Gejolak yang dimaksud Apindo, adalah rencana kenaikan suku bunga AS maupun sikap proteksionisme pemerintahan AS di bawah kepemimpinan taipan properti Donald Trump.


Gejolak tersebut, kata Hariyadi, membuat sejumlah mata uang negara-negara - tak terkecuali Indonesia - mengalami tekanan. Ini yang membuat pengusaha merasa suasana berusaha saat ini kurang nyaman.

"Kami ingin tahu, bagaimana antisipasi BI [Bank Indonesia] menghadapi situasi tersebut," jelasnya.

Maka dari itu, Hariyadi pun mengajak para pengusaha untuk bekerjasama dengan pemerintah untuk ikut serta menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Salah satunya, adalah mengembalikan dana hasil ekspor ke Indonesia.

"Insyallah kita sama-sama jaga rupiah. Kita akan upayakan ekonomi kita jadi lebih baik," tegas Hariyadi.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading