Analisis Teknikal

Saham LPPF Naik Lebih Dari 10%, Apakah Lanjut Menguat?

Market - yazid muamar, CNBC Indonesia
29 August 2018 - 12:34
Saham LPPF Naik Lebih Dari 10%, Apakah Lanjut Menguat?
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) berencana membeli kembali (buyback) sahamnya dari pasar. Aksi korporasi ini diprediksi membalik tren pergerakan harga saham perseroan dalam jangka pendek.

Manajemen menyiapkan dana Rp 1,25 triliun untuk membeli maksimum 7% total saham beredarnya di pasar, dengan harga tertinggi Rp 13.300 per unit.

Untuk memuluskan aksi korporasi tersebut, manajemen akan meminta restu pemegang saham pada 8 Oktober. Hingga penutupan bursa sesi I, saham LPPF diperdagangkan dengan kenaikan 700 poin (+10,44%) pada harga Rp 7.400/saham.


Kenaikan harga saham LPPF mulai terlihat ketika perdagangan dibuka dengan kenaikan 300 poin (+4,48%) yang kemudian bergerak melanjutkan penguatan dengan harga tertingginya di sesi pertama pada 7.450/saham (+11,19%).

Secara tahun berjalan (year to date/YTD), saham LPPF masih terhitung merosot dengan penurunan 30,91% atau jauh lebih parah dari kinerja indeks saham sektor perdagangan yang juga terdepresiasi meski hanya sebesar 6,89%.

Bagaimana pergerakan saham LPPF selanjutnya? Tim Research CNBC Indonesia melakukan melakukan analisis secara teknikal dengan hasil sebagai berikut:
Saham LPPF Naik Lebih Dari 10%, Berikut AnalisisnyaSumber: Reuters
Dalam tren jangka panjang dan jangka menengahnya, saham LPPF menunjukan arah penurunan (down trend). Namun dalam jangka pendek penurunan itu terlihat sudah melandai dan ada kecenderungan pembalikan arah tren (reversal).

Mengacu pada beberapa indikator teknikal, kami melihat beberapa hari ke depan harga saham emiten grup Lippo ini masih cenderung menguat. Indikator rerata pergerakan harga (moving average/MA) menunjukkan LPPF keluar dari tekanan jangka pendeknya dengan bergerak di atas MA 5, MA 10 dan MA 20.

Diperkuat oleh indikator rerata pergerakan konvergen dan divergen (moving average convergence divergence/ MACD), terbuka peluang penguatan karena pada posisi persilangan emas (golden cross).

Meskipun dalam jangka pendek memiliki kecenderungan menguat, LPPF masih harus melewati beberapa level harga sehingga dapat dikatakan telah terjadi  reversal trend. Level penghalang harga pertama yang harus ditembus pada Rp 8.000/saham (resistance ke-1) selanjutnya Rp 9.550 (resistance ke-2).

TIM RISET CNBC INDONESIA


(yam/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading