Astra Jual 10.000 Mobil di GIIAS

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
28 August 2018 14:21
Astra Jual 10.000 Mobil di GIIAS
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Astra International Tbk (ASII) memperkirakan total kendaraan yang terjual selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 mencapai 10 ribu unit.

Selain itu, PT Bank Permata Tbk (BNLI) berhasil mengucurkan pembiayaan untuk 2 ribu unit kendaraan dalam ajang otomotif tahunan terbesar tersebut.

"Jadi kan kami pertama kali menjadi sponsor utama dan alhamdulillah itu pesanan hampir 10 ribu unit belum lagi dengan alokasi kredit yang diperoleh melalui Bank Permata," ujar Direktur Utama ASII, Prijono Sugiarto, dalam paparan publik di acara Investor Summit 2018, Selasa (28/8/18).


Sementara itu, pada tahun ini perseroan menargetkan jumlah pangsa pasar penjualan otomotif perseroan pada tahun ini masih bertahan di angka 51%.

Menurutnya, peningkatan kapasitas dan penjualan mobil bermerek Daihatsu Terios dan Toyota Rush dinilai dapat mempertahankan posisi market share perseroan tahun ini.

"Jadi kami semenjak Juli kemarin kapasitas Terios dan Rush itu sudah ditingkatkan ke 13 ribu unit di mana sekitar 7-8 ribu unit diantaranya untuk ekspor," ungkap Prijono.

Pada Juli tahun ini, penjualan merek-merek di bawah mobil Astra tercatat 54.867 unit. Toyota masih menjadi mobil paling laris bagi Astra, terjual sebanyak 35.065 unit.

Sementara itu, Daihatsu berada di posisi kedua dengan angka penjualan 17.964 unit, diikuti Isuzu 1.818 unit, dan Peugeot 20 unit.

Sedangkan di sepanjang semester I tahun ini, laba bersih dari bisnis otomotif ASII tercatat stabil di posisi Rp 4,2 triliun.

Namun, penjualan mobil Astra turun 10% menjadi 268 ribu unit akibat dari meningkatnya kompetisi, sehingga pangsa oasar Astra menurun dari sebelumnya 56% menjadi 48%. Selama periode tersebut setidaknya diluncurkan 12 model baru dari bisnis otomotif.

Sementara penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) di pasar domestik naik 11% menjadi 2,2 juta unit dengan pangsa pasar 74% pada semester I tahun ini. (wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading