Simak ERAA, Harga Sahamnya Masih Berpotensi Meroket

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
21 August 2018 16:20
Simak ERAA, Harga Sahamnya Masih Berpotensi Meroket
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) masuk dalam jajaran top gainers hari ini. Mengutip RTI, hingga berita ini diturunkan saham ERAA melesat sebesar 10,8% ke level Rp 2.870/saham, hanya kalah dari saham PT MD Pictures Tbk (FILM) yang melesat 15,4%.

Terlepas dari penguatannya yang sudah sangat signifikan pada perdagangan hari ini, harga saham ERAA ternyata masih akan melesat lebih tinggi lagi. Berdasarkan riset Trimegah Sekuritas tertanggal 30 Juli 2018, broker berkode LG tersebut menaikkan target harga untuk saham ERAA menjadi Rp 4.700/saham, dari yang sebelumnya Rp 3.200/saham. Ini artinya, saham ERAA masih akan melejit hingga 64% lagi dari posisi saat ini.

Dalam risetnya, Trimegah menulis bahwa terlepas dari kinerja keuangan kuartal-II yang impresif, saham ERAA masih dihargai sebesar 11x 12-month forward PE atau mengalami diskon sebesar 64% dari valuasi tertingginya di level 30x 12-month forward PE.


Trimegah lantas menilai saham ERAA akan mengalami re-rating mengingat 3 hal utama yakni laba bersih yang kuat selama 3 kuartal berturut-turut, peningkatan marjin, dan menjadi pemain terbesar & yang paling diuntungkan dalam industri yang cepat berkonsolidasi.

Trimegah kemudian mengungkapkan optimismenya terhadap penjualan ponsel pintar merek Xiaomi. Sebagai informasi, ERAA merupakan distributor tunggal atas ponsel pintar buatan perusahaan asal China tersebut.

Trimegah menilai bahwa Xiaomi akan meraup pangsa pasar yang lebih tinggi terutama di segmen entry-level dengan mengambil alih porsi dari pemain lokal dan global seperti Advan, Evercoss, Samsung, dan Oppo. Ada 2 hal yang membuat Trimegah meyakini hal tersebut, yakni produk yang value for money dan agresifnya penjualan melalui toko offline dan online.

Target harga Rp 4.700/saham mengimplikasikan 12-month forward earnings sebanyak 15x. Target tersebut lebih tinggi sebanyak 82% dari rata-rata konsensus.

Sebagai tambahan, Ciptadana Sekuritas Asia dalam risetnya tertanggal 25 Januari 2018 menulis manajemen Xiaomi menyebut bahwa tahun ini perusahaan akan fokus menyasar pasar Indonesia dengan memboyong ponsel pintar kelas premium miliknya.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading