Diminati Pemodal Institusi, Reksa Dana Indeks Menjamur

Market - Irvin Avriano A., CNBC Indonesia
20 August 2018 18:17
Jakarta, CNBC Indonesia - Minat pemodal institusi terhadap reksa dana indeks yang semakin tinggi membuat penerbitan reksa dana berbasis indeks semakin semarak.
. Hari ini, MNC Asset Management resmi mencatatkan reksa dana bernama RD ETF MNC36 Likuid, berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Lalu ada dua reksa dana indeks lagi yang baru diterbitkan yaitu, RD Indeks First State Indoequity IDX30 Index Fund yang resmi dicatatakan bursa pada 6 Agustus dan RD Indeks Yuanta Sri-Kehati Indeks pada 13 Agustus.

Dari namanya, maka indeks yang dijadikan acuan RD ETF MNC36 Likuid adalah Indeks MNC36, indeks yang mengacu pada 36 saham yang dikelompokkan oleh Grup MNC milik Hary Tanoesoedibjo.


Jenis reksa dana tersebut bukan reksa dana indeks biasa, tetapi merupakan yang selangkah lebih maju daripada reksa dana indeks lain karena memiliki keistimewaan sebagai reksa dana yang dapat ditransaksikan di bursa (exchange traded fund/ETF) layaknya saham. ETF adalah sebutan bagi reksa dana yang dapat dibeli investor di pasar perdana maupun pasar sekunder secara real time layaknya saham.

Reksa dana indeks adalah reksa dana yang berinvestasi pada saham yang sudah masuk ke dalam sebuah indeks, sehingga portofolio dan kinerjanya akan seiring dengan pergerakan indeksnya tersebut.

Penerbitan reksa dana RD ETF MNC36 juga menjadi langkah lanjutan dari manajer investasinya, yaitu PT MNC Asset Management, yang pernah menerbitkan RD Indeks MNC36 yang terbit pada 2015 silam.

Dengan memanfaatkan indeks yang sama mejadi ETF, maka investor yang ingin memiliki RD tersebut di pasar sekunder dapat langsung melempar ordernya dari aplikasi transksi saham mana saja, tidak harus membeli melalui manajer investasi produk tersebut. (irv/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading