Sambut Akhir Pekan, Wall Street Ditutup di Zona Hijau

Market - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
18 August 2018 06:37
Sambut Akhir Pekan, Wall Street Ditutup di Zona Hijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham AS ditutup positif pada Jumat (17/8/2018) waktu setempat. Indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average kembali mencatatkan penguatan.

Sementara Nasdaq juga berakhir di zona hijau setelah ada kelanjutan pembahasan tarif perdagangan antara AS dan China serta Meksiko.

Atase perdagangan AS dan China berencana bertemu untuk membicarakan skema perdagangan kedua negara menjelang pertemuan November. Sementara, Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo untuk menyelesaikan masalah bilateral pada pertemuan NAFTA pekan depan.


"Ancaman perang dagang mengancam kegiatan ekonomi. Fakta bahwa pemerintah mungkin menyelesaikan skema perdagangan lebih cepat akan menjadi pertanda baik bagi pasar," ungkap Senior Vice President di Wedbush Securities di San Francisco, Stephen Massocca kepada Reuters.

Saham industri yang sangat rentan akan isu perang dagang mengalami kenaikan didorong oleh S&P 500 dan Dow Jones. Sektor industri S&P 500 naik 0,6% di mana sektor ini dipimpin lebih tinggi oleh kenaikan 2,3% saham Caterpillar Inc (CAT.N).

Untuk pekan ini, S&P dan Dow Jones membukukan kenaikan mingguan, tetapi Nasdaq menunjukkan kerugian untuk periode yang sama.

Saham Nvidia Corp (NVDA.O) dan Applied Materials Inc (AMAT.O) turun 4,9% dan 7,7%, masing-masing, mendorong indeks SE Semiconductor di Philadelphia .SOX 0,7% lebih rendah.

Saham FAANG naik semua, kecuali Apple Inc (AAPL.O) jatuh. Netflix Inc (NFLX.O) membukukan kerugian keenam berturut-turut. Selain Apple dan Netflix, grup FAANG termasuk Facebook Inc (FB.O), Amazon.com (AMZN.O) dan Google induk Alphabet Inc (GOOGL.O).

Saham Tesla Inc (TSLA.O) turun 8,9%, hari terburuk mereka dalam lebih dari dua tahun setelah wawancara Chief Executive Elon Musk dengan New York Times dan catatan UBS yang mengatakan perusahaan bisa kehilangan US$ 6.000 pada setiap basis Model 3 sedan karena biaya powertrain.

Dow Jones Industrial Average .DJI naik 110,59 poin, atau 0,43%, menjadi 25,669.32, S&P 500 .SPX naik 9,44 poin, atau 0,33%, menjadi 2,850.13 dan Nasdaq Composite .IXIC menambahkan 9,81 poin, atau 0,13%, menjadi 7.816,33.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading