AS-UE Capai Kesepakatan Dagang, Wall Street Bernapas Lega

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
26 July 2018 06:29
AS-UE Capai Kesepakatan Dagang, Wall Street Bernapas Lega
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks-indeks acuan Wall Street menguat pada perdagangan hari Rabu (25/7/2018) setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan mencapai kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa (UE) untuk menghindari perang dagang yang lebih panas.

Dow Jones Industrial Average melompat 0,68% atau 172,16 poin ke posisi 25.414,1 setelah sempat anjlok lebih dari 100 poin dalam sesi perdagangan hari Rabu. Nasdaq Composite juga naik tajam 1,2% ke 7.932,24 akibat penguatan saham induk Google, Alphabet, dan Amazon. S&P 500 bertambah 0,9% menjadi 2.846,07 setelah sektor teknologi menguat 1,5%.

Dow Jones dengan mengutip seorang pejabat UE melaporkan bahwa zona Eropa itu sepakat untuk mengimpor lebih banyak kedelai AS. Dow Jones juga mengatakan UE setuju untuk menurunkan tarif bagi barang-barang industri, CNBC International melaporkan.


Caterpillar melonjak 1,8% setelah kabar tersebut beredar. Saham Ford hampir ditutup di zona hijau setelah tenggelam hingga 4% di sesi perdagangan.

Kabar tersebut muncul karena Trump bertemu Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker hari Rabu untuk membahas berbagai isu perdagangan. Hubungan perdagangan antara AS dan UE telah memburuk dalam beberapa bulan belakangan.

Di Juni, AS mengancam akan mengenakan tarif terhadap mobil-mobil yang diimpor dari UE. Pekan lalu, Komisioner Perdagangan UE Cecilia Malmstrong mengatakan jika AS jadi mengenakan tarif tersebut, hal itu sangat disayangkan dan UE telah menyiapkan daftar serangan baliknya sendiri. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading