Internasional

Trump Siap Kenakan Tarif untuk Produk China Senilai US$ 500 M

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
21 July 2018 06:00
Trump Siap Kenakan Tarif untuk Produk China Senilai US$ 500 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan sudah siap kapan saja mengenakan tarif terhadap produk-produk China jika diperlukan.

"Saya siap menuju ke 500," kata Trump kepada Joe Kernen dari CNBC dalam sesi wawancara di program "Squawk Box", Jumat (20/07/2018).

Angka 500 mengacu kepada nilai impor produk China ke AS yang tercatat pada 2017, nilai tepatnya sekita US$ 505,5 miliar. Dibandingkan dengan nilai ekspor AS ke China yang hanya US$ 129,9, berdasarkan data Biro Sensus AS.


Sejauh ini, dalam perkembangan perang dagang, AS sudah menerapkan tarif terhadap produk China yang nilainya mencapai US$ 34 miliar. Dimana China juga menerapkan hal yang sama untuk membalas tindakan AS tersebut.

Jika dilihat dari nilai perdagangan, China tampaknya tidak punya amunisi yang lebih besar untuk mendekati nilai tarif yang ditetapkan AS. Pernyataan Trump tersebut menunjukkan keinginan untuk mendorong agar mendapatkan kesepakan tarif dengan China dan perjanjian untuk menghentikan dugaan pencurian teknologi AS.

"Saya tidak melakukan ini untuk politik, saya melakukan ini untuk melakukan hal yang benar untuk negara kita," kata Trump. "Kami telah ditipu oleh China untuk waktu yang lama."

Trump mengatakan AS sedang "dimanfaatkan" di sejumlah bidang, termasuk perdagangan dan kebijakan moneter. Namun dia mengatakan dia belum mendorong tarif keluar dari setiap niat buruk terhadap China.

"Saya tidak ingin mereka takut. Saya ingin mereka melakukannya dengan baik," katanya. "Saya sangat menyukai Presiden Xi, tapi itu sangat tidak adil."

Trump juga mengatakan dia diberitahu oleh pejabat Cina yang tidak disebutkan bahwa "tidak ada yang akan mengeluh" dari pemerintahan sebelumnya "sampai Anda datang - saya. Mereka berkata, 'Sekarang Anda lebih dari mengeluh. Kami tidak suka apa yang Anda lakukan." (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading