Internasional

Sikap Trump Makin Keras Terhadap China

Market - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
19 June 2018 09:58
Sikap Trump Makin Keras Terhadap China
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang mempersiapkan tarif baru untuk produk-produk yang diimpor dari China. Presiden AS Donald Trump telah meminta Perwakilan Dagang AS (United States Trade Representative/USTR) untuk mengidentifikasi produk-produk China senilai US$200 miliar atau sekitar Rp 2.786 triliun yang akan dikenakan tarif tambahan sebesar 10%.

Berikut adalah pernyataan lengkap Trump terkait hal ini:

GEDUNG PUTIH
Kantor Juru Bicara
UNTUK SEGERA DIRILIS
18 Juni 2018




Pernyataan dari Presiden Terkait Perdagangan dengan China

Pada hari Jumat, saya mengumumkan rencana tarif senilai US$50 miliar untuk barang impor dari China. Tarif ini diterapkan guna mendorong China untuk mengubah praktik tidak adil yang diidentifikasi di tindakan "Section 301" terkait teknologi dan inovasi. Mereka juga bertindak sebagai langkah awal menuju keseimbangan relasi dagang kami dengan China.

Meskipun begitu dan sayangnya, China menetapkan akan meningkatkan tarif senilai $50 miliar terhadap ekspor Amerika Serikat. China nampaknya tidak memiliki niat mengubah praktik tidak adilnya terkait akuisisi kekayaan intelektual dan teknologi Amerika. Ketimbang mengubah praktik-praktik tersebut, [negara] itu kini mengancam perusahaan, pekerja dan petani Amerika Serikat yang tidak melakukan kesalahan apapun.

Tindakan terakhir dari China ini benar-benar mengindikasikan kebulatan tekadnya untuk membuat Amerika Serikat merugi secara permanen dan tidak adil, yang tercemin dalam ketidakseimbangan dagang barang senilai $376 miliar. Ini tidak dapat diterima. Langkah selanjutnya harus diambil untuk mendorong China mengubah praktik tidak adil, membuka pasar untuk produk-produk Amerika Serikat dan menerima relasi perdagangan yang lebih seimbang dengan Amerika Serikat.

Maka dari itu, hari ini, saya mengarahkan Perwakilan Dagang Amerika Serikat untuk mengidentifikasi produk-produk China senilai $200 miliar untuk tarif tambahan sebesar 10%. Setelah proses hukum selesai, tarif-tarif ini akan diterapkan jika China menolak mengubah praktiknya, serta jika pihaknya bersikukuh memberlakukan tarif baru yang baru saja diumumkan. Jika China meningkatkan tarifnya lagi, kami akan menanggapi tindakan itu dengan menerapkan tarif tambahan ke produk-produk lain senilai $200 miliar. Relasi dagang antara Amerika Serikat dan China harus lebih adil.

Saya memiliki hubungan yang baik dengan Presiden Xi, dan kami akan terus bekerjasama dalam banyak isu. Namun, Amerika Serikat tidak akan dimanfaatkan lagi dalam perdagangan oleh China dan negara-negara lain di dunia.

Kami akan terus menggunakan semua alat yang ada untuk menciptakan sistem perdagangan yang lebih baik dan lebih adil untuk semua warga Amerika. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading