Waskita Toll Beri Pinjaman Anak Usaha Senilai Rp 234 M

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
06 July 2018 10:08
Waskita Toll Beri Pinjaman Anak Usaha Senilai Rp 234 M
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Waskita Toll Road (WTR) memberikan fasilitas pinjaman secara tunai kepada PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) sebesar Rp 234,03 miliar.

Kedua perusahaan tersebut merupakan anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dengan kepemilikan saham pada pada WTR sebesar 77,11% sedangkan kepemilikan saham WTR pada CCT sebesar 90%.

Menurut informasi keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), pinjaman yang diberikan WTR merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan dana operasional CCT. Selain itu, dengan pinjaman tersebut CCT diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usahanya dan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham WTR.


Dengan pinjaman tersebut, secara jangka panjang akan memberikan dampak positif bagi WTR berupa pendapatan terhadap bunga sebesar 17% per tahun selama masa jangka waktu pinjaman.

Selain itu, pemberian pinjaman kepada CCT dilakukan berdasarkan analisa kemampuan pengembalian pinjaman dari CCT kepada pihak peminjam yaitu WTR dan WSKT.

Saat ini, selain kepemilikan saham dari WSKT, sebesar 10% saham CCT dimiliki oleh PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan PT Bakrie Toll Indonesia dengan persentase kepemilikan masing-masing 5%.

Saat ini usaha utama CCT ialah melakukan pembangunan dan pengelolaan jalan tol ruas Cimanggis-Cibitung dengan sarana penunjangnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading