Terdongkrak Data Ekonomi, Bursa Saham Utama Asia Menguat

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
29 June 2018 09:05
Terdongkrak Data Ekonomi, Bursa Saham Utama Asia Menguat
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham utama kawasan Asia dibuka menguat pada perdagangan hari ini: indeks Nikkei naik 0,2%, indeks Kospi naik 0,49%, indeks Strait Times naik 0,36%, indeks Shanghai naik 0,1%. Satu-satunya yang melemah adalah indeks Hang Seng (-0,12%).

Rilis beberapa data ekonomi menjadi motor utama penguatan bursa saham Benua Kuning. Dari Jepang, tingkat pengangguran per akhir Mei secara mengejutkan diumumkan di level 2,2%, jauh lebih rendah dari konsensus yang dihimpun oleh Reuters sebesar 2,5%.

Kemudian, pembacaan awal untuk data pertumbuhan output industri periode Mei tercatat hanya sebesar -0,2% MoM, jauh lebih baik dari konsensus yang memperkirakan penurunan hingga 1,1% MoM.


Dari Korea Selatan, data pertumbuhan output industri periode Mei diumumkan sebesar 0,9% YoY, lebih tinggi dari ekspektasi yang sebesar 0,5% MoM saja.

Kuatnya data-data ekonomi tersebut memberikan indikasi bahwa perang tarif antara AS dengan negara-negara mitra dagangnya belum memberikan dampak yang signifikan bagi sektor riil. Untuk sejenak, bursa saham Asia mendapatkan suntikan tenaga untuk menguat.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(ank/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading