Libur Pilkada Tidak Jadi Sentimen Negatif Bursa Saham

Market - Tito Bosnis, CNBC Indonesia
26 June 2018 16:40
Libur Pilkada Tidak Jadi Sentimen Negatif Bursa Saham
Jakarta, CNBC Indonesia - Para analis memperkirakan tetap beroperasinya perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada libur nasional esok, dinilai tidak mempengaruhi jalannya aktivitas perdagangan saham.

Analis Henan Putihrai Liza Camelia mengatakan, libur nasional yang ditetapkan pemerintah bersamaan dengan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tidak mengganggu kegiatan para investor untuk aktif dalam perdagangan efek.

"Tetap berjalan seperti biasa ya, pasar sekuritas juga buka dan pelaku pasar bisa mengikuti dari rumah karena kan sekarang sudah zamannya online trading (OLT)," ujar Liza saat dihubungi CNBC Indonesia, Selasa (26/6/2018).


Selain itu, menurut Kepala Riset Koneksi Kapital Alfred Nainggolan mengatakan Pilkada serentak yang digelar esok bukanlah sentimen negatif bagi investor untuk terus aktif melakukan perdagangan.

Menurutnya, seusai melakukan pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS), pelaku pasar akan melakukan aktifitas perdagangan secara normal.

"Tidak menjadi permasalahan dan tidak mempengaruhi perdagangan karena Pilkada merupakan momen yang positif bagi masyarakat. Seusai melakukan haknya, pelaku pasar kan sudah mempunyai online trading jadi tidak menjadi permasalahan," ujar Alfred.

Sebelumnya, BEI menginformasikan bahwa pada Rabu (27/6/2018) besok akan terus beroperasi secara normal, meskipun pemerintah melalui Keputusan Presiden (keppres) memastikan bahwa hari tersebut dinyatakan sebagai hari libur nasional bersamaan dengan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Keputusan BEI tersebut mengikuti langkah Bank Indonesia (BI) yang menggelar operasional terbatas dalam libur nasional terkait Hari Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 Juni 2018.
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading