Newsletter

Hati-hati Tergoda Profit Taking

Market - Hidayat Setiaji & Anthony Kevin & Raditya Hanung, CNBC Indonesia
06 June 2018 05:52
IHSG menguat signifikan pada perdagangan kemarin. Bagaimana dengan hari ini?
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat cukup tajam pada perdagangan kemarin. Perkembangan geopolitik global yang kondusif menjadi salah satu kontributor laju IHSG. 

Kemarin, IHSG ditutup melonjak 1,23%. Nilai transaksi tercatat sebesar Rp 10,8 triliun dengan volume 13 miliar saham. Frekuensi perdagangan adalah 495.029 kali. 

Sejumlah sentimen positif mewarnai perdagangan kemarin, khususnya dari sisi eksternal. Meredanya ketegangan politik di Italia setelah Giuseppe Conte dilantik sebagai Perdana Menteri membuat pelaku pasar lega. Setidaknya Italia kini sudah memiliki pemerintahan, meski arah kebijakan ke depan masih perlu dicermati. 


Selain itu, rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un semakin matang. Hotel bintang lima Shangri-La yang berlokasi di Singapura bahkan sudah diperkirakan akan menjadi lokasi pertemuan bersejarah tersebut.  

Ademnya situasi geopolitik membuat investor asing percaya diri untuk masuk ke bursa saham Indonesia. Investor asing melakukan beli bersih senilai Rp 89,1 miliar. Saham-saham yang paling banyak diburu oleh investor asing di antaranya TLKM (Rp 261,2 miliar), INKP (Rp 186,3 miliar), DAYA (Rp 100,7 miliar), PTBA (Rp 82,8 miliar), dan UNTR (Rp 26,5 miliar). 

Tidak hanya di Indonesia, investor asing pun berbondong-bondong masuk ke pasar saham Asia. Ini tentu memperkuat indeks saham masing-masing negara. Nikkei 225 menguat 0,28%, Shanghai Composite naik 0,75%, Hang Seng bertambah 0,31%, Kospi surplus 0,25%, dan Straits Times tumbuh 0,45%. 

Investor Hati-hati, Gerak Wall Street Terbatas
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading