Senangkan Investor, Kalbe Farma Bagi Dividen Rp 1,17 T

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
05 June 2018 15:57
Senangkan Investor, Kalbe Farma Bagi Dividen Rp 1,17 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mendapat restu dari para pemegang sahamnya, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) resmi membagikan dividen sebesar Rp 1,17 triliun, atau 48,75% dari laba perusahaan di 2017. Dividen ini setara dengan Rp 25 per lembar saham.
 
"Pembayaran dividen ini akan dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pengumuman hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) yang sudah dilakukan pada hari ini," ujar Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma Bernardus Karmin Winata kepada media saat dijumpai usai melakukan RUPS, di Jakarta, Selasa (5/6).

Bernardus mengakui, memang kondisi pasar saat ini cukup menantang, seperti pelemahan rupiah yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, yang cukup berdampak pada bisnis perusahaan, karena 100% bahan baku produksi adalah impor.
 
Kendati demikian, perusahaan tetap optimistis masih akan mencapai target-target pertumbuhan bisnis 6%-8% di tahun ini, dan tetap menganggarkan belanja modal untuk ekspansi dan peningkatan kapasitas.

Ia mengatakan, perusahaan tidak serta merta akan menaikkan harga jual, hedging pun kami lakukan secara natural, jadi kami taruh US$ 40 juta-US$ 50 juta yang setara dengan tiga bulan pembelian impor.
 
"Kami tidak ada antisipasi khusus saat ini, karena kami percaya pemerintah akan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mencegah pelemahan lebih lanjut. Terlihat saat ini nilai tukar Rupiah kan sudah mulai membaik," ujarnya.
 
Adapun, pada 2018 ini, perusahaan juga telah menyediakan belanja modal sebesar Rp 1,2 triliun yang akan digunakan untuk pembangunan satu pabrik di Myanmar, tiga pabrik di Cikarang, satu pabrik di Kawasan Industri Pulogadung, dan satu pabrik di Bekasi.
 
"Kami juga akan terus berupaya untuk mempertahankan kebijakan membagikan dividen sekitar 45%-55% dari laba bersih, dengan mempertimbangkan rencana pengembangan dan kebutuhan perusahaan," pungkas Bernardus.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading