Tiga Strategi Fiskal Sri Mulyani di Tahun Politik

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
18 May 2018 16:39
Tiga Strategi Fiskal Sri Mulyani di Tahun Politik
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan ada tiga strategi fiskal yang akan dilakukan pemerintah untuk mencapai tujuan tema kebijakan fiskal di 2019. Adapun pemerintah mengambil tema 'APBN untuk mendorong investasi dan daya saing'.

Tiga strategi tersebut yakni, memobilisasi pendapatan yang realistis, belanja yang berkualitas, dan pembiayaan yang efisien dan kreatif.

"Pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2019 merupakan bagian dari kerangka kebijakan fiskal jangka menengah 2018-2022. Secara umum kebijakan fiskal jangka menengah bertujuan untuk memperkuat pembangunan yang berkelanlutan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan," ujar Sri Mulyani saat menyampaikan paparan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2019, di Kompleks DPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Lebih lanjut, Ia menuturkan, guna mengakselerasi pencapaian target pembangunan di tengah tantangan yang cukup kompleks, kebijakan belanja negara akan diarahkan untuk penguatan kualitas belanja agar lebih efektlf dan produktif. Sri Mulyani menegaskan, setiap Rupiah yang dibelanjakan harus memberi manfaat bagi perbaikan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Pemerintah secara konsisten akan terus melanjutkan efisiensl belanja nonprioritas. Kami harapkan efisiensi mejadi sebua gerakan kolektif dan massive di seluruh Kementerian/Lembaga, sehingga dapat meminimalkan duplikasi dan pemborosan," imbuh Sri Mulyani.

"Belanja negara digunakan secara produktif, sejalan dengan konsep value for money, sehingga memberi manfaat nyata bagi perekonomian dan keselahteraan rakyat," pungkasnya.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading