Harga Saham RS Hermina Anjlok Saat Pertama Ditransaksikan

Market - Monica Wareza & Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 May 2018 11:35
Harga Saham RS Hermina Anjlok Saat Pertama Ditransaksikan
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) mengalami penurunan dalam tak lama usai pencatatan perdana sahamnya ke harga Rp 2.490 per saham atau terkoreksii hingga 32,70% dari harga pembukaannya di Rp 3.700 per saham.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir, selaku penjamin emisi, mengatakan penurunan harga saham Hermina di pasar reguler pagi ini sejalan dengan penurunan yang terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini.

"Saya rasa hanya satu saham dari banyak saham (yang turun) jadi bukan tidak perform tapi tren pasar," kata Silvano di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (16/5).


Dia menyatakan bahwa perusahaan ini memiliki prospek yang bagus ditambah dengan pertumbuhan perusahaan yang bagus. Ditambah dengan saham perusahaan yang mengalami oversubscribed 29x saat masa penawaran.

Sementara itu, Investment Bank Mandiri Sekuritas Laksono Widodo mengatakan mayoritas investor yang melakukan aksi jual adalah investor ritel yang memperoleh porsi 5% dari total 11,8% yang dilepas perusahaan.

"Mungkin sesi II bia naik, ritel kan bayak biasanya mereka kalau market merah kan jualan. Kalau institusi biasanya tidak jual," kata dia di kesempatan yang sama.

Selain itu, dia menilai penetapan harga saham perusahaan yang Rp 3.700 yang merupakan harga batas bawah dinilai tidak mahal yang mencerminkan enterprise value per EBITDA (EV/EBITDA) 2018 dikisaran 16,7x-21,7x.


Sejalan dengan pelemahan harga saham Hermina, IHSG juga mengalami penurunan tajam pada awal sesi I hari ini. Hingga pukul 11.04 WIB, tercatat IHSG sudah terkoreksi hingga 1,27% ke 5.762,69 poin.Saat ini, harga saham Hermina terkoreksi sekitar 16%. Biasanya ketika penc

Catatan harga saham perdana, harga saham akan meroket tinggi. Bahkan menyentuh batas auto rejection atas karena penjamin emisi (underwriter) menjaga saham tetap tinggi agar menarik mata investor.Namun, saham HEAL malah anjlok dalam. Hingga pukul 11.26 WIB, harga saham HEAL turun 15,9

5% menjadi Rp 3.110/saham. Saham HEAL telah diperdagangkan sebanyak 3.896 kali dengan nilai Rp 57,77 miliar dengan volume 19,46 juta saham. Saham HEAL memiliki kapitalisasi pasar Rp 9,25 triliun.




(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading