James Riady Klarifikasi Soal Meikarta, Saham LPKR Naik 7,58%

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
09 May 2018 13:29
James Riady Klarifikasi Soal Meikarta, Saham LPKR Naik 7,58%
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) melonjak tiba-tiba saat pasar saham sesi I tutup. Harga saham naik 7,58% ke level Rp 426/saham dari harga Rp 388/saham.

Saham LPKR cukup aktif ditransaksikan pada perdagangan sesi I di mana volume transaksi tercatat mencapai 70,43 juta saham senilai Rp 29,42 miliar dari frekuensi transaksi senilai Rp 5.321 kali.

LPKR merupakan pemegang saham dari perusahaan yang mengembangkan mega proyek Meikarta. Proyek tersebut dimiliki oleh PT Mahkota Sentosa Utama yang sepenuhnya merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) di mana LPKR sendiri menguasai saham LPCK hingga 54%.


Kemarin, CEO sekaligus pemilik Lippo Group James Riady membantah menjual proyek Meikarta. Dia menegaskan dari awal proyek Meikarta dikembangkan Lippo melalui skema kemitraan dengan berbagai investor.

Saat ini, sedang dibangun 92 tower apartemen di atas lahan seluas 84 hektare dari total 500 hektare yang merupakan pengembangan tahap pertama dari kota baru Meikarta. Dari 92 tower sebanyak 18 tower akan diserahterimakan kepada pembeli pada Desember 2018 atau Februari 2019.

Sebelumnya juga sempat beredar informasi terkait berhentinya pembangunan proyek Meikarta yang dilakukan oleh kontraktor PT Total Bangun Persada Tbk disertai dengan "memo internal" yang ditujukan kepada 15 sub-kontraktor untuk menghentikan sementara kegiatan konstruksi per Senin 30 April 2018 sampai waktu yang akan diinformasikan kemudian.

Namun saham PT Total Bangun Persada Tbk mengklarifikasi melalui rilis yang dikeluarkan pada 1 Mei 2018 dan ditandatangani Sekretaris Perusahaan Mahmilan Sugiyo Warsana. Menurut Mahmilan, perseroan mendapatkan kepercayaan untuk pekerjaan finishing di Tower EF pada Proyek Orange County. Pada setiap pekerjaan konstruksi dilaksanakan memenuhi persyaratan agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan mutu, waktu, dan biaya yang telah disepakati dengan pelanggan. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading