Bursa Bergejolak, Indosurya Finance Galau Terbitkan Obligasi

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
08 May 2018 15:12
Bursa Bergejolak, Indosurya Finance Galau Terbitkan Obligasi
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Indosurya Inti Finance berencana menerbitkan obligasi perdana dengan nilai di atas Rp240 miliar pada semester II-2018 untuk membiayai ekspansi ke depan.

Managing Director Indosurya Finance Mulyadi Tjung mengatakan sedang memproses tahapan dalam penerbitan obligasi, termasuk peringkat utang atau rating.

"Kami masih melihat kondisi market, karena ini bukan tahun terbaik untuk emisi bond. Tetapi rencana (penerbitan obligasi) itu ada pada semester II," ujarnya, Selasa (8/5/2018).


Dia belum mau mengungkapkan berapa jumlah obligasi yang akan diterbitkan. Namun, tuturnya, jumlahnya di bawah Rp1 triliun, tetapi di atas nilai medium term notes (MTN) yang diterbitkan tahun lalu sebesar Rp243 miliar.

Menurut Mulyadi, pendanaan Indosurya mengandalkan pinjaman dari perbankan dengan porsi 40% dan emisi MTN dengan porsi 40%. "Sementara untuk 20% kami mengandalkan modal sendiri," ujarnya.

Penerbitan obligasi tersebut akan mendukung pendanaan dalam ekspansi kredit yang ditargetkan tumbuh sebesar 20% sepanjang 2018. Pada Maret 2018, outstanding kredit dari Indosurya Finance sebesar Rp3,47 triliun, tumbuh 17% dari setahun sebelumnya.

Total aset yang dimiliki Indosurya Finance mencapai Rp3,9 triliun pada Maret 2018, tumbuh dari setahun sebelumnya Rp3,1 triliun. Adapun rasio pembiayaan bermasalah (NPF) pada Maret 2018 adalah 1,3%. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading