IHSG Tertekan, Bos Bank Mayapada Sebut Investor Hijrah ke AS

Market - gita rossiana, CNBC Indonesia
23 March 2018 15:13
IHSG Tertekan, Bos Bank Mayapada Sebut Investor Hijrah ke AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Harapan agar mendapat yield yang lebih besar di Amerika Serikat (AS) membuat sejumlah investor melakukan aksi jual saham. Hal ini terjadi merata di semua saham, tidak hanya saham bank.

Presiden Direktur PT Bank Mayapada Internasional Tbk Hariyono Tjahjarijadi menjelaskan, saham yang dilepas investor tidak hanya saham bank, tapi juga beberapa saham blue chip yang dipegang asing.

Pelepasan saham ini disebabkan adanya ekspektasi yang lebih tinggi pasca The Fed menaikkan suku bunga acuan."Dengan harapan kalau The Fed menaikkan suku bunga acuannya maka investasi akan mereka pindahkan ke Amerika dengan harapan yield-nya lebih baik daripada ditempatkan di BEI," ujar dia kepada CNBC Indonesia, Jumat (23/3/2018).


Pengaruh kebijakan moneter di Amerika Serikat ini juga diamini oleh Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Iman Nugroho Soeko." Masih lebih karena kebijakan moneter AS (daripada perang dagang)," jelas dia.


Sedangkan pengaruh lain adalah karena investor asing melakukan repositioning dan penyesuaian atas saham-sahan yang terlalu banyak di beberapa perusahaan.

"Dan bank karena performance yang baik di tahun lalu tentu yang paling banyak mengalami koreksi," jelas dia (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading