Distributor Sanitary Merk Toto akan IPO Pada Mei

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
14 March 2018 12:09
Menurut rencana dana dari IPO akan digunakan oleh perusahaan untuk keperluan investasi dan refinancing utang.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Surya Pertiwi, distributor peralatan sanitary merk Toto, akan melepaskan saham ke publik (initial public offering/IPO) dengan maksimal porsi saham sebesar 25%. Menurut rencana dana dari IPO akan digunakan oleh perusahaan untuk keperluan investasi dan refinancing utang.

Presiden Komisaris Surya Pertiwi Mardjoeki Atmadiredja mengatakan perusahaan akan menggunakan 50% dananya untuk pembayaran utang, 25% untuk belanja modal (capital expenditure/capex) dan 25% untuk modal kerja (working capital).

"Dananya untuk bayar utang dan perluasan pabrik," kata Mardjoeki usai mini expose di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (14/3).


Direktur Utama Ciptadana Sekuritas Asia Ferry Budiman Tandja mengatakan saat ini kapasitas produksi pabrik milik perusahaan sebesar 500 piece per tahun. Jika ada dana tambahan dari IPO perusahaan akan meningkatkan kapasitas produksi.

Perusahaan menggunakan laporan keuangan Desember 2017 untuk menyusun rencana IPO. Ditargetkan pencatatan sahamnya dapat dilakukan pada Mei 2018.

Selain ditawarkan dalam negeri, rencananya saham produsen dan distributor produk sanitary seperti wastafel, shower dan keran ini akan ditawarkan juga ke negara di luar Indonesia. Namun, Ferry masih belum memastikan joint book runner yang ajan digandeng dalam global offering tersebut.
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading