Rupiah Menguat Tipis Lawan Dolar Singapura

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 March 2018 10:57
Rupiah Menguat Tipis Lawan Dolar Singapura
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar Singapura pada perdagangan hari ini. Namun penguatan rupiah terhadap mata uang Negeri Singa masih relatif terbatas. 

Pada Selasa (13/3/2018), dolar Singapura dibuka di posisi Rp 10.479,63/SG$. Menguat tipis 0,01% dibandingkan penutupan hari sebelumnya.  

Setelah pembukaan, rupiah terus bergerak menguat. Pada pukul 10.22 WIB, dolar Singapura diperdagangkan di posisi Rp 10.474,41/SG$. Posisi rupiah terkuat berada di Rp 10.467,42/SG$ sementara terlemahnya adalah Rp 10.490,82/SG$. 


Reuters
Meski menguat, tetapi keperkasaan rupiah terhadap dolar Singapura relatif terbatas. Ini karena kebutuhan devisa dolar Singapura yang cukup tinggi. 

Singapura merupakan negara yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia. Menurut catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi Singapura di Tanah Air selama 2017 mencapai US$ 8,4 miliar. Singapura menduduki peringkat pertama, melebihi Jepang (US$ 5 miliar) atau China (US$ 3,4 miliar). 

BKPM
Jelang akhir kuartal, biasanya perusahaan asing menyetorkan dividen ke prinsipal di negara asalnya. Ini juga berlaku bagi perusahaan Singapura yang beroperasi di Indonesia. Pengiriman dividen artinya ada devisa keluar sehingga pasokan dolar Singapura di dalam negeri menipis dan rupiah pun melemah terhadap mata uang tersebut. 

Selain itu, Singapura juga salah satu importir utama Indonesia. Sepanjang 2017, Singapura menjadi negara terbesar ke-4 yang memasok barang ke Indonesia. Hanya kalah dari China, Jepang, dan Thailand. 

BPS
Impor juga menyebabkan devisa dolar Singapura meninggalkan Indonesia. Akibatnya, likuiditas dolar Singapura menjadi berkurang dan rupiah pun cenderung tertekan.

Tingginya kebutuhan terhadap dolar Singapura membuat rupiah agak sulit menguat signifikan terhadap mata uang ini. Oleh karena itu, upaya untuk memperkuat nilai tukar rupiah adalah dengan menggenjot ekspor ke negara tersebut.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading