Rupiah Masih Melemah di Hadapan Dolar Singapura

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
12 March 2018 12:12
Rupiah Masih Melemah di Hadapan Dolar Singapura
Jakarta, CNBC Indonesia - Rupiah masih bergerak melemah terhadap mata uang negara tetangga, seperti dolar Singapura. Besarnya kebutuhan dolar Singapura yang tidak diimbangi dengan pasokannya menyebabkan rupiah melemah terhadap mata uang ini. 

Pada Senin (12/3/22018), dolar Singapura diperdagangkan di Rp 10.476,26/SG$. Melemah 0,15% dibandingkan posisi akhir pekan lalu. Selama setahun terakhir, rupiah melemah nyaris 10% terhadap mata uang Negeri Singa. 

Rupiah Masih Melemah di Hadapan Dolar SingapuraReuters
Nilai tukar suatu mata uang ditentukan oleh hukum pasokan dan permintaan (supply and demand). Ketika suatu mata uang banyak dicari sementara pasokannya terbatas, maka mata uang tersebut akan bergerak menguat. Itulah yang terjadi terhadap dolar Singapura. Pasokan dolar Singapura yang keluar lebih banyak ketimbang yang masuk ke Indonesia, sehingga rupiah pun kalah bersaing. 


Di sisi perdagangan, Singapura adalah salah satu mitra utama perdagangan Indonesia.  Untuk soal ini, Indonesia boleh bangga karena bisa membukukan surplus. Artinya devisa yang datang lebih besar dari yang keluar. 

Rupiah Masih Melemah di Hadapan Dolar SingapuraBPS
Namun di sisi lain, Indonesia kalah banyak dari Singapura dalam hal investasi. Nilai investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) Singapura di Indonesia lebih kecil dibandingkan investasi Indonesia di Singapura. 

Diam-diam, ternyata cukup banyak investasi perusahaan Indonesia di Singapura dan itu melampaui investasi Singapura ke Indonesia. Ini menyebabkan pasokan dolar Singapura di dalam negeri agak ketat sehingga nilai tukar dolar Singapura pun semakin mahal. 

Rupiah Masih Melemah di Hadapan Dolar SingapuraBKPM, Singapore Department of Statistics
Mengutip data Singapore Department of Statistics, investasi terbesar Indonesia di Singapura adalah sektor keuangan dan asuransi. Pada 2016, nilainya mencapai US$ 2,19 miliar. 

Tidak hanya dari sisi investasi, arus keluar dolar Singapura pun terjadi dari sektor pariwisata. Pada 2017, kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Negeri Singa sebanyak 2.954.384. Indonesia menempati peringkat kedua, hanya kalah dari kunjungan wisatawan China yang mencapai 3.226.929. 

Belanja turis Indonesia di Singapura pun gila-gilaan. Tahun lalu, turis Indonesia mengeluarkan uang sebesar SG$ 653 juta (Rp 6,79 triliun), menduduki peringkat kedua di bawah turis China yang berbelanja SG$ 1,21 miliar (Rp 12,55 triliun). 

Jika situasi ini terus berlanjut, maka pelemahan rupiah terhadap dolar Singapura akan terus terjadi. Arus devisa yang keluar tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga pelemahan kurs menjadi sebuah keniscayaan.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(aji/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading