Setelah Jatuh Dalam, IHSG Berpeluang Menguat Hari Ini

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
08 March 2018 08:05
Setelah Jatuh Dalam, IHSG Berpeluang Menguat Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan analis menilai saat ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah berada pada level jenuh jual (oversold), sehingga setelah terjatuh dalam hingga 2,03% pada perdagangan kemarin, IHSG diperkirakan berpotensi menguat hari ini.

Analis Binaarta Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan IHSG terlihat sudah tidak memungkinkan untuk terkoreksi lebih dalam sehingga peluang rebound IHSG sudah terbuka lebar setelah koreksi yang terjadi pada perdagangan kemarin.

"Ketika IHSG terkoreksi dalam, maka secara psikologis peluang rebound terbuka lebar. Tidak ada kemungkinan akan terkoreksi lebih dalam lagi," kata Nafan kepada CNBC Indonesia, Kamis (8/3/2018).


Menurutnya, sentimen domestik yang bisa mengangkat kembali IHSG hari ini adalah pergerakan rupiah yang masih cenderung stabil dan kabar lembaga pemeringkat asal Jepang, Rating and Investment Information Inc, yang telah menaikkan peringkat surat utang Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stabil.

Dari luar negeri, pergerakan dolar AS dibayangi dengan pelemahan akibat kebijakan proteksionisme Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam mewacanakan penetapan trade barrier on imports. Hal ini menyebabkan friksi dengan penasihat ekonomi utama Gedung Putih, Gary Cohn sehingga pada akhirnya dia lebih memilih untuk mengundurkan diri. Hal yang disayangkan para pelaku pasar mengingat Cohn dikenal sebagai tokoh yang pro-pasar.


Sementara itu, pada perdagangan hari kemarin emiten yang berada di sektor pertambangan mendapat tekanan terbesar dan menyebabkan koreksi mencapai 3,56%. Namun, Nafan mengatakan tekanan ini hanya bersifat temporer sehingga sektor pertambangan memiliki peluang menguat pada perdagangan hari ini.

Untuk hari ini Nafan memperkirakan sektor perbankan, industri dasar, infrastruktur dan pertambangan akan memiliki peluang penguatan. Sementara, IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada support di level 6304.325 dan 6240.384 dan resistance pada level 6474.548 dan 6580.830. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading