Tok! Barcelona Didakwa Suap Wasit, Bakal Degradasi?

Lifestyle - Anisa Sopiah, CNBC Indonesia
11 March 2023 09:15
FILE - In this Sunday, March 7, 2021 file photo, Joan Laporta celebrates his victory after elections at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain. Barcelona president Joan Laporta maintained his support for the Super League on Thursday April 22, 2021, despite the quick exit of 10 of the 12 founding clubs in the breakaway competition. (AP Photo/Joan Monfort, File) Foto: AP/Joan Monfort

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar mengejutkan datang dari klub bola Barcelona. Klub bola asal Spanyol ini mendapat dakwaan dari Kejaksaan Spanyol yang menyatakan bahwa mereka telah melakukan suap kepada wasit.

Dilansir dari sport.detik.com, Los Cules diduga menyuap mantan Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol (CTA) periode 1994-2018, Jose Maria Enriquez Negreira. Blaugrana membayar

Negreira 6,7 juta euro sejak tahun 2001 hingga 2017. Tindakan suap tersebut tidak lagi dilakukan sejak Negreira tidak lagi memegang jabatan di CTA pada 2018.

Kasus ini tercium apparat hukum ketika mereka berhasil menyelidiki pajak perusahaan milik Negreira. Penyelidikan tersebut dilakukan oleh Kejaksaan Spanyol pada Mei 2022 kepada perusahaan Negreira, Dasnil 95 SL. Perusahaan ini yang menerima pembayaran dari Barcelona dan hanya dijalankan Negreira bersama putranya, Javier Enriquez.

Setelah penemuan tersebut, Kantor Kejaksaan Spanyol melayangkan protes terhadap Barcelona. Los Cules dianggap melakukan tindakan korupsi atas kasus suap yang dilakukannya kepada Negreira.

Berdasarkan informasi dari The Athletic, penjatuhan vonis telah dilakukan oleh penyidik dari Kejaksaan kepada Barcelona terkait kasus suap wasit ini. Beberapa orang yang dinyatakan bersalah adalah Negreira, dua mantan presiden Barcelona Sandro Rosell (2010-2014) dan Josep Maria Bartomeu (2014-2020). Selain itu, nama dua mantan pejabat eksekutif Oscar Grau dan Albert Soler, juga masuk dalam kelompok tersebut.

Temuan dari Kejaksaan Spanyol menyebut Negreira sudah mempengaruhi wasit untuk membuat keputusan pada pertandingan yang melibatkan Barcelona. Terhadap dakwaan ini, Barcelona belum memberikan komentar terkait hal ini. Yang jelas, mereka akan berhadapan dengan pengadilan dalam waktu dekat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dani Alves Dipenjara Kasus Pelecehan, Eks Bintang Barca Nih!


(Anisa Sopiah/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading