Wanita Indonesia Banyak Keluhkan Wajah Kusam, Kenapa?

Lifestyle - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
25 January 2023 16:44
ZAP Clinic Foto: dok ZAP Clinic

Jakarta, CNBC Indonesia - Insecurity terhadap kondisi kulit wajah masih menjadi salah satu masalah yang mengganggu rasa percaya diri pada wanita. Hal ini dibuktikan melalui temuan ZAP Beauty Index (ZBI) 2023, yang menemukan bahwa kulit wajah memiliki persentase sebanyak 50.1% dan berada di posisi nomor satu sebagai penyebab wanita Indonesia merasa insecure.

Survei yang diadakan oleh ZAP dan MarkPlus tersebut melibatkan 9.010 wanita di seluruh Indonesia dengan beragam latar belakang usia dan profesi.

Adapun kulit kusam berada di urutan teratas sebagai masalah yang paling dikeluhkan baik oleh Gen X, Millennials, dan Gen Z. Persentasenya mencapai 57.6% dan lebih tinggi untuk wanita yang tidak melakukan perawatan di klinik kecantikan, yaitu 64.8%.

Sementara itu, komedo dan pori-pori besar berada di peringkat selanjutnya dengan persentase masing-masing sebesar 57.1% dan 51.0%.

"Hal tersebut cukup menunjukkan pergeseran atas temuan ZBI beberapa tahun terakhir yang menempatkan jerawat sebagai masalah kulit wajah utama," tulis ZAP dikutip dari siaran resmi, Rrabu (25/1/2023).

Selain masalah tadi, kerutan juga menjadi momok para wanita dimana ditemukan oleh ZAP sebanyak sebanyak 20.9% Gen Z di Indonesia juga telah mengeluhkan timbulnya kerutan. Menghadapi momok penuaan dini, Gen Z mulai mencari skincare yang mampu menjawab kekhawatiran tersebut.

Terdapat 34.2% Gen Z yang mencari manfaat anti-aging pada skincare. Daripada skincare yang berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah, kandungan anti-aging lebih diprioritaskan oleh Gen Z. Fenomena ini telah terlihat sejak ZAP mengadakan survei ZBI pada 2020 dan 2021.

Pun begitu, hal tersebut membuat para wanita rela memfokuskan budgetperawatan diri untuk menemukan skincare dan treatment yang sesuai. Hal ini membuat mereka lebih aware terhadap kandungan skincare. ZBI 2023 mencatat awareness wanita Indonesia terhadap kandungan produk skincare meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan 2019.

Selain wajah, penampilan badan juga menyita perhatian para wanita. Berat badan, perut dan gigi menjadi sumber insecurity selanjutnya, dengan persentase masing-masing 44.9%, 39.7% dan 27.6%.

Kemudian, rambut juga sering menjadi aspek penampilan yang diprioritaskan oleh wanita Indonesia. Meskipun sebagian wanita Indonesia menggunakan hijab, banyak di antara mereka yang rupanya turut mengeluhkan permasalah rambut serta kulit kepala.

Terkait hal ini, permasalahan yang paling dialami oleh para wanita Indonesia adalah rambut rontok (79.1%) dan kulit kepala berketombe (47.9%).

"Standar yang tinggi terhadap penampilan mempengaruhi definisi cantik di mata para wanita Indonesia. Sebanyak 58,5% wanita merasa cantik ketika memiliki wajah yang bersih dan mulus. Ada 51.9% lainnya yang berpendapat bahwa arti cantik adalah memiliki kulit yang cerah dan glowing," tutup ZAP.


[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading