8 Buah yang Paling Bahaya Buat Penderita Diabetes, Hindari!

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
20 January 2023 17:35
Diabetes (Ist Pixabay) Foto: Diabetes (Ist Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Diabetes melitus adalah sekelompok penyakit metabolik pada tubuh yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut terjadi akibat adanya gangguan pada hormon insulin, yaitu hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus mengelola glukosa sebagai sumber energi.

"Kelainannya bisa berupa produksi hormon insulin yang sudah berkurang atau ditambah dengan fungsinya yang juga sudah terganggu," jelas dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Martha Rosana, Sp.PD melalui YouTube resmi RSCM.

Terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi terjadinya diabetes melitus, yaitu gaya hidup yang kurang aktif dan kurang bergerak, pola makan yang buruk, obesitas, dan faktor genetik.

Diabetes si silent killer

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa diabetes melitus adalah salah satu 'silent killer' atau pembunuh senyap karena gejalanya yang jarang disadari. Apabila tidak cepat ditangani, diabetes dapat merusak organ vital Anda, termasuk ginjal, jantung, mata, dan otak yang dapat berakibat fatal.

Kadar gula darah bisa melonjak karena makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, sangat penting bagi penderita diabetes untuk mempraktekkan pola makan yang lebih sehat. 

Indeks glikemik (GI) adalah ukuran yang dijadikan acuan untuk memilih makanan apa yang aman dimakan jika Anda menderita diabetes. GI memeringkat makanan berdasarkan seberapa cepat makanan itu memengaruhi kadar gula darah. Buah dengan GI lebih tinggi dapat menyebabkan gula darah Anda naik dengan cepat. 

Menurut Diabetes.co.uk, berikut adalah buah dengan GI tinggi yang sebaikya dihindari penderita kolesterol:

  1. Pisang yang matang

  2. Jeruk

  3. Mangga

  4. Anggur

  5. Kismis

  6. Kurma

  7. Nanas 

  8. Semangka

Lalu, buah apa yang aman bagi penderita diabetes?

  1. Strawberry
  2. Blueberry
  3. Kiwi
  4. Tomat
  5. Aprikot


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Flu Bisa Perparah Diabetes Hingga Renggut Nyawa


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading