3 Fakta Goncalo Ramos: Pahlawan Baru di Timnas Portugal

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
07 December 2022 13:25
Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Portugal v Switzerland - Lusail Stadium, Lusail, Qatar - December 6, 2022  Portugal's Goncalo Ramos celebrates scoring their fifth goal and his hat-trick REUTERS/Hannah Mckay     TPX IMAGES OF THE DAY Foto: REUTERS/HANNAH MCKAY

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemain muda Tim Nasional (Timnas) Portugal, Goncalo Ramos menjadi sorotan dunia usai menampilkan performa ciamik di debut Piala Dunianya ketika berlaga vs Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022).

Pada pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Lusail, Qatar, Ramos menyumbang tiga gol dan satu assist untuk pesta gol 6-1 Portugal atas Swiss sehingga Os Navegadores melaju ke babak 8 besar. Berkat hal itu, ia pun meraih penghargaan Man of The Match (MOTM) di usianya yang masih belia.

Lantas, siapa sebenarnya Goncalo Ramos yang diplot oleh pelatih Fernando Santos untuk menggantikan posisi Cristiano Ronaldo di starter? Berikut 5 faktanya.

Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Portugal v Switzerland - Lusail Stadium, Lusail, Qatar - December 6, 2022  Portugal's Goncalo Ramos scores their fifth goal to complete his hat-trick REUTERS/Hannah MckayFoto: REUTERS/HANNAH MCKAY
Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Portugal v Switzerland - Lusail Stadium, Lusail, Qatar - December 6, 2022 Portugal's Goncalo Ramos scores their fifth goal to complete his hat-trick REUTERS/Hannah Mckay


1. Baru 3 Minggu Bergabung Timnas Portugal

Dilansir dari Transfer Markt, Ramos belum sebulan bergabung dengan tim utama Portugal. Pemain bernomor punggung 26 ini baru resmi bergabung Timnas Portugal pada 17 November 2022 lalu ketika baru berusia 21 tahun 4 bulan 28 hari.

Pada saat itu, Santos mengutus Ramos untuk bermain selama 23 menit dalam laga uji coba jelang Piala Dunia 2022 melawan Nigeria. Seakan ingin memantaskan dirinya untuk bisa berlaga di ajang sepak bola bergengsi itu, Ramos mencetak gol di menit ke-82.

Bila dikalkulasikan, Ramos telah menyumbang empat gol dan satu assist selama membela Timnas Portugal. Menariknya, dari empat pertandingan yang telah dilakoni, ia baru menjadi starter saat melawan Swiss dini hari lalu.


2. Cetak Banyak Rekor di Debut Piala Dunia

Dilansir dari ESPN FC, berkat gol hattrick-nya yang bersarang di gawang Swiss, Ramos melewati rekor Ronaldo di babak 16 besar Piala Dunia. Diketahui, Ronaldo belum pernah sama sekali mencetak gol pada babak gugur tersebut.

Tidak hanya Ronaldo, menurut laporan 101 Great Goals, Ramos juga menjadi pemain termuda pertama yang mencetak hattrick dalam pertandingan sistem gugur Piala Dunia setelah legenda Brasil, Pele. Saat itu, Pele mencetak hattrick ketika belum genap berusia 18 tahun.

Selain itu, 3 gol di debutnya juga mengantarkan salah satu penyerang Benfica ini menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di debut Piala Dunia sejak Miroslav Klose dari Timnas Jerman pada 2022.

Terakhir, Ramos adalah pemain pertama yang mencetak hattrick dalam pertandingan babak sistem gugur Piala Dunia sejak Thomas Skuhravy melawan Kosta Rika pada 1990.


3. Tampil Gemilang di Dunia Sepak Bola

Sebelum bergabung Timnas level senior, Ramos sudah menjadi salah satu andalan di Timnas U-19 dan U-21 Portugal. Berdasarkan catatan Transfer Markt, pemain kelahiran Olhao ini berhasil mencetak 14 gol dari 18 pertandingan bersama Timnas U-21 Portugal. Catatan tersebut sukses membuat Santos meliriknya.

Sementara itu di Timnas U-19, Ramos menyumbangkan 9 gol dari 15 pertandingan saat masih berusia 17 tahun.

Tidak hanya di Timnas, Ramos juga dikenal selalu tampil dengan garang bersama salah satu raksasa Liga Portugal, SL Benfica. Diketahui, ia merupakan jebolan asli akademi Benfica. Di level klub, Ramos tercatat sudah mencetak 28 gol dalam 80 penampilan di semua kompetisi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penasaran Hadiah dan Bonus Piala Dunia 2022? Ini Informasinya


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading