Awas Banyak Penyakit, Ikuti 6 Tips Ini Kalau Mau Sehat

Lifestyle - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
04 December 2022 07:31
A woman mourns over her daughter's body, who died of acute encephalitis syndrome, outside a hospital in Muzaffarpur, in the eastern state of Bihar, India, June 19, 2019. REUTERS/Alasdair Pal Foto: Orang tua menangisi anaknya yang meninggal akibat penyakit radang otak di India (REUTERS/Alasdair Pal)

CNBC Indonesia, JAKARTA - Di musim pancaroba yang menjadi masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, seringkali dikaitkan dengan datangnya berbagai jenis penyakit.

Perubahan cuaca dan suhu udara di musim pancaroba, membuat lingkungan menjadi lembab dan meningkatkan risiko berkembangnya virus maupun bakteri.

Karena cuaca yang tidak menentu saat musim peralihan itu membuat banyak orang cenderung lebih mudah mengalami sakit seperti flu, batuk, sakit kepala, hingga nyeri sendi.

Meskipun sakit tidak bisa diprediksi kapan datangnya, menerapkan pola hidup sehat menjadi langkah untuk kita mengantisipasinya. Untuk menjaga stamina tetap fit dan tidak mudah sakit, ada beberapa cara yang bisa rutin dilakukan.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah sakit saat pancaroba adalah sebagai berikut:

1. Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Pola Makan Sehat

Kunci utama agar tubuh tidak mudah sakit adalah dengan memperbaiki sistem imun atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat mampu memberikan benteng perlindungan sehingga virus tidak mudah menyerang tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh dilakukan dengan cara memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin, protein, lemak, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

2. Istirahat yang Cukup

Di tengah padatnya aktivitas, jangan lupa memastikan tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika sering mengabaikan kebutuhan istirahat, stamina tubuh bisa menjadi lemah, dan daya tahan tubuh juga menurun sehingga rentan mengidap penyakit.

Karena itu, usahakan untuk menjaga waktu istirahat minimal 6 jam bagi orang dewasa agar daya tahan tubuh tetap optimal sehingga bisa jadi langkah untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Rutin Berolahraga

Rutin olahraga tidak hanya melancarkan peredaran darah dan membakar kalori, tetapi juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Jika tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga setiap hari, sisihkan sekitar 15-30 menit untuk olahraga ringan baik sebelum ke kantor atau dilakukan di tempat kerja saat waktu istirahat atau setelah jam kantor.

4. Konsumsi Vitamin

Menjaga kesehatan sistem imun sangat penting dilakukan, agar tubuh senantiasa sehat dan terlindungi dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar imun tubuh senantiasa terjaga adalah dengan mengonsumsi vitamin.

Memenuhi kebutuhan nutrisi lewat pola makan sehat dan bergizi seimbang adalah yang paling ideal dan harus diutamakan. Asupan mineral dan vitamin dari makanan membantu memastikan tubuh memproduksi jumlah sel imun dan antibodi yang cukup untuk meningkatkan respons terhadap infeksi.

5. Terapkan 3M untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kunci utama memutus mata rantai persebaran virus Covid-19 adalah menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Penerapan 3M bisa terus dilakukan, meskipun saat ini pemerintah ingin segera menetapkan pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sebagai endemi.

Seperti diketahui, membiasakan mencuci tangan secara berkala, terutama setelah melakukan aktivitas luar ruang memberikan pertahanan yang baik bagi tubuh kita. Apalagi sebelum makan, pastikan tangan Anda sudah dicuci.

Selain itu, menggunakan masker saat bepergian menjadi langkah pencegahan lain yang bisa kita praktikkan. Masker juga berguna untuk melindungi organ pernapasan kita dari debu, asap, serta udara kotor perkotaan.

6. Lindungi Diri dengan Proteksi Terbaik

Langkah lainnya yang tak kalah penting dilakukan adalah memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi keuangan dari risiko kesehatan yang mungkin terjadi selama masa berlakunya polis. Dengan kata lain, saat jatuh sakit, Anda mengalihkan risiko keuangan kepada pihak asuransi.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan biaya ketika kita sebagai nasabah mengalami gangguan kesehatan baik sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan akan menanggung biaya rumah sakit, seperti biaya rawat inap, dokter, obat, dan tindakan, hingga biaya operasi berdasarkan syarat yang tertera dalam polis asuransi.

Itulah langkah-langkah yang penting dilakukan untuk menjaga diri agar tidak mudah sakit saat musim pancaroba. Selain menjaga diri dari berbagai potensi yang bisa dialami saat musim peralihan, penting juga untuk Anda memiliki perlindungan terbaik dengan asuransi kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deretan Wabah Baru Usai Covid-19, Ramalan Itu Nyata


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading