Apa Saja yang Dimakan Ronaldo, Messi & Neymar di Piala Dunia?

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
30 November 2022 16:50
Cristiano Ronaldo dari Portugal merayakan gol pertama timnya selama pertandingan Grup H Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail pada 28 November 2022 di Kota Lusail, Qatar. (Gambar Etsuo Hara/Getty) Foto: Cristiano Ronaldo dari Portugal merayakan gol pertama timnya selama pertandingan Grup H Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail pada 28 November 2022 di Kota Lusail, Qatar. (Getty Images/Etsuo Hara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di balik keahlian dalam menggocek bola di ajang FIFA World Cup 2022 (Piala Dunia 2022), terdapat sejumlah faktor yang mendukung kemampuan fisik para pemain Tim Nasional (Timnas) untuk membawa negaranya meraih gelar juara dunia, salah satunya adalah faktor makanan yang dikonsumsi.


Bergerak di lapangan selama 90 menit membakar energi dan kalori yang tinggi. Diketahui, sepak bola dapat membakar hingga 1.050 kalori. Selain itu, para atlet juga bisa kehilangan beberapa kilogram berat cairan tubuh selama pertandingan. Maka dari itu, diet dan menu makan harian para pemain Piala Dunia 2022 perlu menjadi perhatian khusus untuk menjaga stamina mereka.


Lantas, apa saja yang dikonsumsi mereka selama berlaga di Piala Dunia 2022? Berikut rangkuman CNBC Indonesia dari berbagai sumber.


1. Timnas Korea Selatan

AL RAYYAN, QATAR - NOVEMBER 24:   Heung-min Son of Korea Republic battles for the ball with Martin Caceres of Uruguay during  the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Uruguay and Korea Republic at Education City Stadium on November 24, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)Foto: Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista
AL RAYYAN, QATAR - NOVEMBER 24: Heung-min Son of Korea Republic battles for the ball with Martin Caceres of Uruguay during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Uruguay and Korea Republic at Education City Stadium on November 24, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)

Sebagai negara Islam, seluruh produk yang mengandung babi dilarang oleh Qatar selaku tuan rumah. Berkaitan dengan hal tersebut, tim nasional Korea Selatan membawa dua koki khusus demi menemukan cara kreatif dalam penyajian makanan yang lezat dan bergizi tanpa babi untuk Son Heung-min Cs selama gelaran Piala Dunia.


Dalam menu makanan minggu pertama di Doha, Qatar, Asosiasi Sepak Bola Korea menyajikan para pemain timnas masakan tradisional Korea dengan beberapa hidangan Asia lainnya. Seluruh masakan tersebut hanya menggunakan daging ayam, sapi, dan bebek.


Dilansir dari The Korea Herald, hidangan ayam disajikan untuk makan siang, sementara daging sapi dan bebek sebagai menu makan malam. Tidak hanya daging, para pemain juga mengonsumsi hidangan laut, seperti udang, kepiting, sea bream, dan cumi-cumi.

Chef Kim Hyung-chae mengatakan bahwa kunci dalam penyajian makanan adalah menjaga keseimbangan antara nutrisi dan rasa. "Para pemain hari ini sangat menjaga tubuh mereka dan menjaga pola makan yang sehat," sebut Kim. "Kami hanya ingin membantu mereka menjaga diet seimbang di sini."


2. Timnas Jerman

Para pemain Jerman berpose dengan tangan menutupi mulut mereka saat mereka berbaris untuk foto tim sebelum pertandingan Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jerman dan Jepang di Stadion Internasional Khalifa pada 23 November 2022 di Doha, Qatar.  (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)Foto: Para pemain Jerman berpose dengan tangan menutupi mulut mereka saat mereka berbaris untuk foto tim sebelum pertandingan Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jerman dan Jepang di Stadion Internasional Khalifa pada 23 November 2022 di Doha, Qatar. (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)

Dilansir dari Sport Bible, koki untuk Timnas Jerman, Anton Schmaus mengatakan bahwa dia lebih banyak menerapkan pola makan berbahan dasar nabati untuk Neuer dan kawan-kawan selama Piala Dunia 2022 berlangsung. Terlebih, Schmaus mengatakan bahwa para pemain semakin banyak yang mengurangi konsumsi daging dan ikan.


"Para pemain semakin menyukai nutrisi nabati. Banyak dari mereka bekerja dengan ahli gizi. Para pemain mengurangi daging dan ikan," katanya kepada SPORTbible, dikutip Rabu (30/11/2022).


Schmaus mengungkapkan, menu para anak asuh Hansi Flick bergaya prasmanan yang mencakup pasta serta pengaruh menu lokal.


"Biasanya, saya menawarkan setidaknya satu hidangan nabati. Untuk sarapan, selalu ada pilihan vegan. Untuk makan siang dan makan malam, selalu ada pilihan vegan," ungkap Schmaus.


"Termasuk pasta yang juga bisa vegan, lalu banyak sayuran dan buncis. Di wilayah ini, (kami akan menawarkan) lentil dan buncis. Akan ada pengaruh gaya masakan Mediterania, jadi kami pasti akan mengintegrasikannya dalam prasmanan kami," lanjutnya.

3. Timnas Kroasia

Serupa dengan Timnas Korea dan Jerman, Timnas Kroasia pun turut membawa koki khususnya untuk mengolah makanan para pemain selama Piala Dunia 2022. Kepala Koki Timnas Kroasia, Tomica Dukic mengungkapkan bahwa pemain Kroasia tak jarang mengonsumsi makanan mewah.

"Menu harian mereka didasarkan pada dua jenis daging, selalu ada daging merah dan putih. Jadi, kami menyajikan daging sapi muda, sapi muda, ayam, dan kalkun. Selain itu, mereka harus memiliki ikan yang tersedia. Itu selalu ikan putih, seperti sea bream atau sea bass, dan cukup sering salmon ada di menu," ungkap Dukic, dikutip dari Croatia Week.


Dukic juga mengatakan, umumnya para pemain Vatreni (Julukan Timnas Kroasia) menjalani diet Mediterania. Maka dari itu, semua makanan harus disiapkan dengan minyak zaitun dan tanpa menggunakan banyak bumbu. Bumbu yang digunakan hanyalah garam dan merica.


"Kami sangat memperhatikan sayuran. Mereka pasti merebus atau memanggang sayuran setiap hari. Selain itu, sup sangat diperlukan. Atlet harus mengkonsumsi makanan yang kaya serat, jadi kami banyak menggunakan kembang kol dan brokoli," sebut Dukic.


4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (kiri) dari Portugal mencetak gol offside melawan Lawrence Ati Zigi (kanan) dari Ghana selama pertandingan Grup H Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Ghana di Stadion 974 pada 24 November 2022 di Doha, Qatar. (Marvin Ibo Guengoer - GES Sportfoto/Getty Images)Foto: Cristiano Ronaldo (kiri) dari Portugal mencetak gol offside melawan Lawrence Ati Zigi (kanan) dari Ghana selama pertandingan Grup H Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Ghana di Stadion 974 pada 24 November 2022 di Doha, Qatar. (Marvin Ibo Guengoer - GES Sportfoto/Getty Images)

Cristiano Ronaldo, yang menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia ini mengikuti diet yang sangat ketat. Koki pribadi Ronaldo mengungkapkan, pemenang Ballon d'Or lima kali itu mengonsumsi makanan alami, seperti ikan, ayam, beberapa sayuran, makanan laut, telur, minyak sayur, dan biji-bijian.


Selain itu, pemain dengan nomor punggung 7 ini juga makan enam porsi kecil sehari atau satu kali setiap tiga sampai empat jam. Hal ini juga harus diselingi dengan banyak minum air.


Mantan kokinya, Giorgio Barone juga menyebutkan bahwa Ronaldo menyukai makanan berprotein tinggi, penuh dengan ikan, ayam, daging sapi muda, telur, alpukat, minyak kelapa, dan nasi hitam. Tidak hanya itu, Ronaldo juga melahap roti bakar alpukat untuk camilan di siang hari.


5. Lionel Messi

Argentina's Lionel Messi celebrates scoring their side's first goal of the game during the FIFA World Cup Group C match at the Lusail Stadium in Lusail, Qatar. Picture date: Saturday November 26, 2022. (Photo by Martin Rickett/PA Images via Getty Images)Foto: Penyerang Argentina #10 Lionel Messi tersenyum setelah memenangkan pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 26 November 2022. (Getty Images/Martin Rickett - PA Images)

Pesepakbola berusia 35 tahun ini dilaporkan sangat memerhatikan apa yang masuk ke tubuhnya. Bahkan, asupan La Pulga (Julukan Messi) telah diawasi oleh ahli gizi asal Italia, Giuliano Poser sejak 2014 lalu. Disebutkan, Messi tak boleh mengonsumsi minuman bersoda dan pizza.


Poser menyebutkan, ada lima makanan utama yang bisa dikonsumsi Messi, yaitu air, minyak zaitun, biji-bijian, buah segar, dan sayuran segar sebagai dasar diet Messi. Poser juga mengurangi konsumsi daging Messi yang berlebihan.


"Jumlah daging yang biasa dimakan orang Argentina dan Uruguay terlalu banyak, karena sulit dicerna," kata Poser, dikutip First Post.


Dilaporkan, Messi hanya makan biji-bijian utuh dengan beberapa buah dan sayuran segar untuk sarapan. Messi juga hanya makan nasi merah dan tuna di malam hari sebagai makanan favorit Lionel Messi.


6. Neymar Junior

Soccer Football - World Cup - Group E - Brazil vs Switzerland - Rostov Arena, Rostov-on-Don, Russia - June 17, 2018   Brazil's Neymar reacts     REUTERS/Jason CairnduffFoto: REUTERS/Jason Cairnduff
Soccer Football - World Cup - Group E - Brazil vs Switzerland - Rostov Arena, Rostov-on-Don, Russia - June 17, 2018 Brazil's Neymar reacts REUTERS/Jason Cairnduff

Dilansir dari First Post, salah satu penyerang andalan Brasil, Neymar Junior mengikuti diet yang sangat tinggi kalori. Hampir 60 persen kalorinya berasal dari karbohidrat, 30 persen dari protein, dan 10 persen sisanya berasal dari lemak, vitamin, dan nutrisi lainnya.


Menurut timnya, Neymar bisa makan tiga telur goreng dan bayam dengan kalkun tanpa lemak untuk sarapan pagi. Selanjutnya dia akan minum segelas protein shake dengan segenggam biji bunga matahari dan almond.


Sementara itu untuk makan siang, pemain bernomor punggung 10 itu akan makan bakso kalkun dan ubi jalar. Camilan malamnya adalah kalkun dengan selai kacang dan beberapa biji bunga matahari. Neymar mengakhiri harinya dengan ikan putih dan kubis rebus cincang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ramaikan Piala Dunia 2022, Qatar Beli Suporter? Cek Faktanya


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading