Piala Dunia 2022

Imbas Protes Messi, Wasit Mateu Lahoz Didepak dari World Cup

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
14 December 2022 11:30
Lionel Messi dari Argentina, kiri, berdebat dengan wasit Mateu Lahoz selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Belanda dan Argentina, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,. AP/Hassan Ammar) Foto: Lionel Messi dari Argentina, kiri, berdebat dengan wasit Mateu Lahoz selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Belanda dan Argentina, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,. AP/Hassan Ammar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wasit yang memimpin pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Belanda, Mateu Lahoz resmi didepak dari Piala Dunia oleh FIFA. Hal tersebut diputuskan usai Lahoz dikritik keras oleh Kapten Argentina, Lionel Messi.


Dilansir dari Sports Brief, Lahoz dipulangkan oleh FIFA meskipun masih terdapat sisa empat pertandingan Piala Dunia 2022. Wasit asal Spanyol tersebut menjadi sorotan atas kepemimpinannya di laga Argentina kontra Belanda yang menuai kontroversi, Sabtu (10/12/2022).


Bahkan, Lahoz sampai memperoleh kritik tajam dari Messi karena dianggap membuat keputusan yang merugikan selama laga berlangsung, terlebih saat dia memberikan waktu tambahan selama 10 menit di akhir laga tanpa alasan yang jelas. La Pulga mengatakan, Lahoz tidak pantas memimpin pertandingan selevel Piala Dunia.

Lionel Messi dari Argentina, kiri, berdebat dengan wasit Mateu Lahoz selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Belanda dan Argentina, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,. AP/Hassan Ammar)Foto: Lionel Messi dari Argentina, kiri, berdebat dengan wasit Mateu Lahoz selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Belanda dan Argentina, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,. AP/Hassan Ammar)
Lionel Messi dari Argentina, kiri, berdebat dengan wasit Mateu Lahoz selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Belanda dan Argentina, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,. AP/Hassan Ammar)


"Saya pikir FIFA harus menangani hal ini, tidak dapat menempatkan wasit seperti itu untuk pertandingan sebesar itu, sepenting itu. Wasit tidak boleh gagal untuk memenuhi tugas itu," ujar Messi, dikutip dari Daily Mail, Selasa (13/12/2022).


Tercatat, Lahoz membuat rekor baru sepanjang sejarah Piala Dunia dengan mengeluarkan 18 kartu kuning dan satu kartu merah selama laga panas antara La Albiceleste dan Tim Oranje berlangsung.


Berikut daftar lengkap kartu yang dikeluarkan Lahoz selama pertandingan tersebut, dilansir dari ESPN.


Walter Samuel (31') - Staf pelatih Argentina

Jurrien Timber (43')

Marcos Acuna (43')

Cristian Romero (45')

Wout Weghorst (45+2')

Memphis Depay (76')

Lisandro Martinez (76')

Steven Berghuis (88')

Leandro Paredes (89')

Lionel Scaloni (90') - Pelatih Argentina

Lionel Messi (90+10')

Nicolas Otamendi (90+12')

Steven Bergwijn (91')

Gonzalo Montiel (109')

German Pezzella (112')

Denzel Dumfries (128') - Adu penalti

Denzel Dumfries (129') - Adu penalti (kuning ke-2 = merah)

Noa Lang (129') - Penalti baku tembak

Pertandingan yang mempertemukan tim asuhan Lionel Scaloni dengan tim asuhan Louis Van Gaal pada babak perempat final Piala Dunia 2022 ini memang berlangsung sangat panas. Terlebih, para pemain sempat terlibat dalam konfrontasi selama dan sesudah pertandingan.

Berkaitan dengan peristiwa itu, Lahoz dianggap tidak mampu menangani tensi laga. Bahkan, beberapa kali keputusannya menimbulkan kontroversi bagi kedua tim.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Boleh Asal, Ini Aturan Berbusana Nonton Piala Dunia Qatar


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading