Piala Dunia 2022

5 Negara Unggulan Terancam Gagal Lolos 16 Besar, Ada Jerman

Lifestyle - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 November 2022 10:00
Messi memakai sepatu barunya untuk pertama kalinya dalam pertandingan pembuka Argentina melawan Arab Saudi. (REUTERS/Marko Djurica) Foto: Pertandingan pembuka Argentina melawan Arab Saudi. (REUTERS/Marko Djurica)

Jakarta, CNBC Indonesia - Piala Dunia 2022 sudah bakal memasuki tahap penentuan lolos tidaknya ke babak 16 besar. Sejak Selasa (29/11/2022) malam, tim-tim yang berlaga bakal memainkan pertandingan terakhir di fase grup, sekaligus menjadi penentuan 'hidup dan mati'.

Dari beberapa negara unggulan yang diprediksi bakal mudah lolos 16 besar, ternyata sebagian di antaranya tidak menunjukkan performa terbaiknya sejauh ini. Beberapa dari mereka bahkan terancam angkat koper duluan dari Piala Dunia 2022.

Berikut negara unggulan yang terancam tidak lolos 16 besar:

1. Jerman

Jerman kalah 1-2 dari Jepang di laga pertama Piala Dunia 2022. (Getty Images/Claudio Villa)Foto: Jerman kalah 1-2 dari Jepang di laga pertama Piala Dunia 2022. (Getty Images/Claudio Villa)

Jerman menjadi negara pertama yang masuk ke dalam daftar ini. Bagaimana tidak, juara Dunia 2014 ini harus malu di pertandingan pertama usai kena 'comeback' dari wakil Asia, Jepang. Der Panzer harus puas kalah 1-2 dan menjadi bahan 'olok-olokan' usai pertandingan.

Saat itu, Jerman bahkan hanya mendapatkan gol dari titik penalti di babak pertama. Petaka datang di menjelang akhir laga babak kedua karena dua gol mengejutkan dari Jepang.

Setelah imbang dengan Spanyol di pertandingan kedua, Jerman hanya menempati juru kunci dan hanya mendapat 1 poin dari dua pertandingan. Untuk lolos, mereka harus memenangkan pertandingan melawan Costa Rica di pertandingan terakhir dengan skor besar.

2. Kamerun

Banyak yang kerap melupakan Kamerun adalah negara besar dalam sepak bola. Kamerun merupakan negara dengan juara Piala Afrika terbanyak kedua, yakni dengan 4 trofi, hanya kalah dari Mesir.

Meski cemerlang di Afrika, namun kiprahnya di Piala dunia 2022 tidak sempurna. Kalah di pertandingan pertama dari Swiss, lalu juga hampir kalah melawan Serbia. Di pertandingan kedua memang menampilkan laga yang seru dengan saling berbalas gol.

Sayang, gol striker Bayern Munchen Chopou Moutong di menit 63 hanya membuat laga menjadi imbang 3-3. Harapan untuk lolos semakin berat karena harus berhadapan melawan Brazil di laga terakhir hanya dengan modal 1 poin.

3. Argentina

Finalis Piala Dunia 2014 selain Jerman adalah Argentina. Track record itu tentu membuatnya menjadi salah satu unggulan di turnamen ini. Namun secara mengejutkan, Argentina juga kalah 1-2 dari wakil Asia lainnya, Arab Saudi.

Meski diperkuat pemain dengan 7 gelar Balon D'or Lionel Messi, Argentina seperti kehilangan arah di pertandingan pertama. Untungnya Messi bisa on fire di pertandingan kedua dengan mengalahkan Meksiko 2-0.

Namun, penentuan ada di laga terakhir, yakni melawan Polandia. Berhadapan dengan Lewandoski Cs, Messi tidak boleh lengah jika ingin lolos ke 16 besar. 3 poin dari 2 laga bukan hasil yang sempurna karena berpotensi terdepak dari Qatar jika kalah atau seri di laga terakhir

4. Belgia

Belgia datang dengan skuad bintang. Berstatus sebagai peringkat kedua FIFA tidak serta merta membuat perjuangan De Bruyne dan kawan-kawan menjadi mudah. Tamparan keras muncul kala Maroko berhasil mengalahkannya dengan skor 2-0.

Meski digembor-gembor memiliki generasi emas, namun itu tidak menjamin Belgia bakal lolos ke 16 besar, apalagi jika kalah melawan Kroasia di laga terakhir.

5. Uruguay

Uruguay adalah salah satu negara besar di kawasan Amerika Latin. Karena itu, kiprahnya di ajang Piala Dunia menjadi kerap dinanti-nanti. Apalagi beberapa pemain yang membawa Uruguay bersinar di Piala Dunia 2010 masih bermain seperti Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Bagai pisau bermata dua, kehadiran keduanya bisa membantu tim. Namun, bisa jadi itu menjadi bukti bahwa regenerasi di La Celeste tidak berjalan baik. Hasilnya terlihat di lapangan. Dari dua laga, Uruguay harus puas menelan 1 poin, kalah dari Portugal dan seri melawan Korea Selatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Piala Dunia 2022: Seret Gol, Uruguay dan Korea Berbagi Poin


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading