Hari Guru Nasional & Kenangan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Lifestyle - Arrijal Rachman, CNBC Indonesia
25 November 2022 17:55
Aturan Bebas Pajak Sri Mulyani Foto: Ilustrasi Sri Mulyani (Edward Ricardo/CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan selamat Hari Guru Nasional bagi para pendidik generasi bangsa. Hari guru jatuh setiap 25 November bertepatan dengan didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia di Surakarta pada 1945.

"Selamat hari guru kepada seluruh guru dan tenaga pendidik di Indonesia," kata Sri Mulyani dikutip dari akun instagramnya @smindrawati, Jumat (25/11/2022).

Sri Mulyani berujar, dunia pendidikan begitu dekat dengan keseluruhan kehidupannya, karena orang tuanya sendiri merupakan seorang pendidik. Ibundanya adalah Retno Sriningsih Satmoko, Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Di tengah perayaan Hari Guru ini, Sri Mulyani turut mendoakan semoga seluruh guru dan tenaga pendidik Indonesia senantiasa sejahtera dan mampu mendidik generasi penerus bangsa menjadi bangsa yang besar dan bestari.

Sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani juga memastikan, pendidikan akan terus menjadi pondasi utama pembangunan Indonesia. Tercermin dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan yang porsinya mencapai 20% setiap tahunnya.

"20% dari APBN dari tahun ke tahun dialokasikan ke sektor pendidikan untuk memastikan kualitas dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia terus meningkat," ucap Sri Mulyani.

Pada APBN TA 2023 pun demikian, 20% dari total anggaran, atau sebesar Rp 612,2 triliun dialokasikan untuk sektor pendidikan Indonesia. Termasuk di dalamnya, untuk tujuan kesejahteraan guru dan tenaga pendidik, baik guru dan tenaga pendidik di bawah naungan Kementerian Pendidikan maupun guru di bawah Kementerian Agama.

"Menjadi prioritas pada DIPA masing-masing. Bagi saya sendiri, dunia pendidikan dan juga tenaga pendidik terasa begitu dekat dan hangat. Karena saya lahir dan tumbuh di dunia pendidikan," tutur Sri Mulyani.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lukisan di Foto Sri Mulyani Viral, Harganya Tembus Rp250 M?


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading