Piala Dunia 2022

5 Fakta Son Heung-min, Kapten Bertopeng di Timnas Korea

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 November 2022 19:00
Son Heung-min melakukan sesi latihan di Al Egla 5, Doha, Qatar - (23/11/2022) Jelang berlaga di piala dunia 2022 Qatar untuk menghadapi pertandingan pertama antara Korea Selatan dengan Timnas Uruguay (REUTERS/Kim Hong-Ji) Foto: (REUTERS/KIM HONG-JI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim nasional (Timnas) Korea Selatan akan bertanding dalam laga perdana Grup H di Piala Dunia 2022 melawan Uruguay pada Kamis (24/11/2022) pukul 4 sore waktu Qatar atau 8 malam waktu Jakarta. Timnas Negeri K-pop ini dipimpin oleh Kapten Son Heung-min. 

Ada ekspektasi tinggi yang diemban di pundak Heung-min Cs saat laga perdana mereka di Piala Dunia 2022 nanti. Ini karena sebelumnya Arab Saudi dan Jepang, yang sama-sama berasal dari Asia, berhasil memberikan kejutan besar dengan mengalahkan tim unggulan. 

Sebelum menonton Son Heung-min beraksi di lapangan hijau, yuk simak sejumlah fakta menarik tentang Sang Kapten dari Korea:

1. Dijuluki salah satu penyerang terbaik di dunia

AL RAYYAN, QATAR - NOVEMBER 24:   Heung-min Son of Korea Republic battles for the ball with Martin Caceres of Uruguay during  the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Uruguay and Korea Republic at Education City Stadium on November 24, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)Foto: Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista
AL RAYYAN, QATAR - NOVEMBER 24: Heung-min Son of Korea Republic battles for the ball with Martin Caceres of Uruguay during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group H match between Uruguay and Korea Republic at Education City Stadium on November 24, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)

Pria kelahiran 8 Juli 1992 ini adalah pesepak bola profesional Korea Selatan yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Utama Inggris Tottenham Hotspur dan menjadi kapten tim nasional Korea Selatan.

Dia dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia dan salah satu pesepakbola Asia terhebat sepanjang masa karena kecepatannya dan ketangkasan dua kakinya. 

2. Pindah ke Jerman saat remaja

Lahir di Chuncheon, Provinsi Gangwon, Son Heung-min pindah ke Jerman untuk bergabung dengan Hamburger SV pada usia 16 tahun. Dia melakukan debutnya di Bundesliga pada tahun 2010.

"[Dia] seperti spons di bidang olahraga. Semua yang dia coba, dia kuasai dengan cepat," kata Son Heung-Yun, kakak laki-laki Son Heung-min, dikutip dari BBC.

3. Pemain termahal dari Asia sepanjang sejarah

Pada tahun 2013, Heung-min pindah ke Bayer Leverkusen dengan rekor transfer 10 juta euro sebelum menandatangani kontrak dengan Tottenham seharga 22 juta poundsterling dua tahun kemudian.

Karena nilai transfer yang fantastis itu, dia disebut-sebut sebagai pemain Asia termahal dalam sejarah. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Hidoteshi Nakata, pemain asal Jepang.

4. Nyaris gagal ikut Piala Dunia 2022

Heung-min nyaris gagal mengikuti Piala Dunia 2022 karena cedera berupa retak rongga mata. Cedera itu dia alami saat berlaga membela Tottenham Hotspur di Liga Champions awal November 2022. 

Suporter Korsel sempat cemas jika Sang Kapten gagal membela Korsel di Piala Dunia 2022. Namun tim medis menyatakan operasi cedera Son berlangsung sukses dan dia diizinkan membela negaranya di FIFA World Cup 2022. 

5. Memakai topeng saat laga melawan Uruguay

Usai menjalani operasi akibat cedera, Heung-min direkomendasikan untuk memakai topeng pelindung wajah saat bertanding. Ini terpaksa dia lakukan demi menstabilkan patah tulang di sekitar mata kirinya belum lama ini.

Saat sesi latihan sebelum berangkat ke Qatar, kapten berusia 30 tahun ini sudah terlihat mengenakan topeng berwarna hitam yang menutupi bagian matanya. 

Son Heung-min mengatakan dia sudah berlatih dengan memakai topeng bersama Tottenham sebelum bergabung dengan timnas. Dia juga mengaku sudah menggunakan waktu pemulihan setelah operasi untuk bersiap menghadapi Piala Dunia. 

"Awalnya saya terkejut betapa nyamannya memakai topeng itu," kata Son Heung-min, dikutip dari Korea Herald.

"Rasanya sedikit berbeda di sini (Qatar) daripada di Inggris, karena di sini lebih panas dan saya banyak berkeringat hari ini."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aturan Nonton Piala Dunia Qatar, dari Alkohol sampai Busana


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading