Waspada, Status Kasus Konfirmasi Covid Jakarta Sudah Level 3

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
08 November 2022 15:48
Infografis/Varian Delta  Disebut ‘Beranak’ hingga 24 Jenis, Menkes tak mau kebobolan/Aristya Rahadian Foto: Ilustrasi virus Corona (Aristya Rahadian/CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kalau pandemi Covid-19 saat ini masih dalam situasi terkendali. Hal itu mengacu kepada penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 yang berlaku saat ini.

Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (8/11/2022), BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, mengatakan kalau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan standar terkait pengendalian Covid-19. Perinciannya batasannya adalah sebagai berikut:

Kasus konfirmasi: 20 kasus/100 ribu penduduk/minggu
Hospitalisasi: 5 pasien/100 ribu penduduk/minggu
Fatality: 1 kematian/100 ribu penduduk/minggu.

"Angka-angka yang ada di RI sekarang baik. Konfirmasi masih 11,96%, hospitalisasi 1,95 masih level 1, dan fatality masih 0,08 jadi di bawah 1. Jadi ketiga indikator transmisi WHO ini kita masih ada di level 1 yang artinya masih terkendali," kata BGS.

Data Kasus Harian positif Covid 19 terbaru kementerian Kesehatan RI. (Dok. Youtube Komisi IX DPR RI)Foto: Dok. Youtube Komisi IX DPR RI

Namun demikian, dia mengatakan kalau ada provinsi yang sudah masuk level 2 dan 3 dari sisi kasus konfirmasi Covid-19.

"Kita lihat by provinsi ternyata ada yang sudah masuk ke level 2 dan khusus untuk Jakarta untuk kasus konfirmasi sudah masuk ke level 3," ujar BGS.

"Kelihatan trennya hampir semuanya naik tapi masih di level satu atau masih terkendali," lanjutnya.

Data Kasus Harian positif Covid 19 terbaru kementerian Kesehatan RI. (Dok. Youtube Komisi IX DPR RI)Foto: Dok. Youtube Komisi IX DPR RI

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengguna Vaksin Sinovac di RI, Simak Nih Pesan WHO untuk Anda


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading