Punya Asam Urat? Cobain 8 Pengobatan Alami Rumahan Ini

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 November 2022 13:25
Ilustrasi asam urat (Photo by Imani Bahati on Unsplash) Foto: Ilustrasi (Photo by Imani Bahati on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit mirip dengan osteoartritis. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah.

Asam urat dapat menyerang bagian sendi mana pun pada tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut.

Meski tidak dapat disembuhkan secara total, penyakit asam urat dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Salah satunya dengan beberapa pengobatan alami. Berikut daftarnya:

1. Buah ceri

Menurut survei 2016 yang dipublikasikan di PubMed Central, buah ceri adalah obat rumahan yang sangat populer dan berpotensi mengobati asam urat bagi banyak orang. Satu studi pada 2012 dan lainnya pada tahun yang sama juga menyatakan bahwa ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat.

2. Magnesium

Magnesium adalah mineral makanan. Beberapa mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh, meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.

Namun, sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Ini berlaku untuk pria tetapi tidak untuk wanita dalam penelitian ini.

3. Jahe

Jahe adalah bumbu tradisional yang sering dijadikan ramuan untuk kondisi peradangan. Kemampuannya untuk membantu asam urat didokumentasikan dengan baik.

Satu studi yang dipublikasikan di International Journal of Scientific & Technology Research menemukan bahwa jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serum mereka berkurang dengan jahe.

4. Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan untuk pengobatan asam urat.

Campurkan jus dari satu perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali sehari.

5. Seledri atau biji seledri

Seledri adalah makanan tradisional yang digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan. Untuk asam urat, ekstrak dan biji selederi telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Penggunaan eksperimental menunjukkan seledri bisa mengurangi sakit karena asam urat dengan baik, meskipun penelitian ilmiah tentang ini masih sedikit. 

6. Kembang sepatu

Kembang sepatu sering dijadikan obat tradisional yang digunakan untuk mengobati asam urat. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini baru dilakukan pada tikus.

7. Menerapkan air dingin atau panas ke sendi yang meradang

Studi dan pendapat tentang ini masih beragam. Berendam dalam air dingin paling sering direkomendasikan dan dianggap paling efektif. Berendam dalam air panas biasanya hanya disarankan ketika peradangan tidak terlalu parah.

8. Apel

Apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat. Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Buah ini juga mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Punya Asam Urat? Ini Menu yang Direkomendasikan Ahli


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading