Catat Nih Ya, Gejala Kolesterol Tinggi di Mata dan Kaki

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 November 2022 11:15
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik) Foto: Ilustrasi kolesterol tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol kini bukan hanya menyerang orang tua, tapi juga anak muda. Hal itu seiring dengan gaya hidup mereka yang tak sehat.

Gaya hidup seperti konsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak, merokok hingga jarang berolahraga bisa jadi penyebab timbulnya kolesterol tinggi. Seseorang disebut mengalami kolesterol tinggi jika kadar low density lipoprotein (LDL) pada tubuh terlalu besar.

Mengutip SehatQ, Kamis (3/11/2022), kolesterol tinggi ditandai dengan munculnya plak atau endapan kekuningan di mata yang disebut sebagai xanthelasma. Plak kekuningan ini menjadi pertanda bahwa kadar lipid dalam darah cukup tinggi.

Plak kekuningan di mata memiliki ciri-ciri berikut:


* Konsistensinya kental
* Terakumulasi di balik kelopak mata bagian atas dan bawah
* Tampak simetris antara mata dan hidung
* Bisa menjadi semakin banyak dari waktu ke waktu

Munculnya xanthelasma idealnya tidak akan mengganggu fungsi penglihatan dan tidak berbahaya. Meski begitu, jika dibiarkan dan kolesterol terus tinggi, kondisi ini bisa memburuk dan menyebabkan rasa nyeri serta tidak nyaman di mata.

Gejala kolesterol yang terlihat di kaki
Sementara gejala kolesterol yang terlihat di kaki ditandai dengan keram. Gejala ini dirasakan sering kali pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki. Gejala keram tersebut bisa makin parah saat Anda tidur di malam hari.

Menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk bisa menjadi pilihan untuk meredakan keram karena akan membantu darah mengalir ke bawah akibat gaya gravitasi. Kemudian ada juga gejala nyeri pada paha hingga betis. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat.

Perubahan pada warna kulit maupun kuku dan kaki terasa dingin juga sering terjadi pada orang dengan kolesterol tinggi. Itu lantaran kurangnya oksigen dan nutrisi yang cukup.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas, Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading