3 Strategi Jawab Pertanyaan Rencana 5 Tahun ke Depan dari HRD

Lifestyle - Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia
13 October 2022 11:35
3 Jawaban Kunci Untuk Lolos Wawancara Kerja Foto: Ilustrasi wawancara kerja (Arie Pratama)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam wawancara kerja, terdapat sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh perekrut. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh apa seorang kandidat mengenal dirinya.

"Apa rencana Anda lima tahun ke depan?" atau "Bagaimana Anda melihat diri sendiri dalam lima tahun ke depan?" adalah salah satu pertanyaan tentang rencana atau tujuan masa depan yang mungkin ditanyakan ketika wawancara. Tujuan perekrut mengajukan pertanyaan tersebut adalah untuk melihat apakah rencana kandidat sejalan dengan visi dan misi perusahaan, menilai keseluruhan aspek yang dimiliki, hingga melihat kematangan rencana karier kandidat.

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut?

1. Tentukan Tujuan Karier

Dilansir dari Indeed, memiliki target karier untuk jangka panjang adalah hal penting yang harus dimiliki. Ceritakan pada perekrut terkait target karier Anda, bagaimana rencana untuk mencapai target tersebut, dan bagaimana harapan Anda terhadap perusahaan untuk mewujudkan rencana tersebut.

Dengan menjabarkan hal-hal tersebut, Anda menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda memiliki tujuan jangka panjang, ambisi, dan berpotensi memegang banyak posisi berbeda di dalam perusahaan.

2. Jelaskan Minat dan Komitmen

Profesi apapun pasti memiliki ruang untuk tumbuh dan belajar. Bila menargetkan posisi tinggi pada suatu bidang, perlu waktu hingga bertahun-tahun untuk mencapai hal tersebut. Dengan demikian, tunjukkan minat tinggi terhadap posisi di perusahaan tempat Anda melamar. Tunjukkan bahwa Anda sungguh-sungguh berkomitmen untuk belajar dan berkembang di posisi tersebut hingga mencapai target karier yang diinginkan.

3. Jelaskan Rencana Karier

Sampaikan tujuan serta strategi yang akan dilakukan apabila memperoleh pekerjaan di perusahaan yang dilamar. Gunakan kerangka SMART atau Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat tercapai), Realistic (relevan), Time-framed (batas waktu) dalam menentukan tujuan karier. Melalui kerangka SMART yang dicetuskan oleh George T. Doran pada 1981 ini, target karier akan lebih terarah dan tersusun.

Dilansir dari Top Resume, berikut contoh jawaban yang dapat disampaikan kepada perekrut terkait pertanyaan "Bagaimana Anda melihat diri sendiri dalam lima tahun ke depan?".

"Dalam lima tahun ke depan, saya ingin memperluas wawasan dengan belajar sebanyak mungkin di perusahaan ini. Lalu, saya akan mencari peluang setidaknya satu hingga dua tahun untuk memperluas wawasan saya melalui pelatihan dan peluang pendidikan untuk mendukung pekerjaan saya. Jika ada kesempatan, saya ingin berpartisipasi dalam setidaknya satu proyek untuk melatih kepemimpinan. Pada titik tertentu, saya juga ingin dipertimbangkan untuk peran di level supervisor atau manajemen. Saya yakin, kemampuan serta keinginan saya untuk terus belajar, dapat menghasilkan kontribusi terbaik untuk perusahaan ini."


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading