Telan Rp 76 Miliar, Siapa yang Biayai yang Konser Gratis BTS?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 September 2022 12:45
BTS perform during the 64th Annual Grammy Awards show in Las Vegas, Nevada, U.S. April 3, 2022. REUTERS/Mario Anzuoni Foto: REUTERS/MARIO ANZUONI

Jakarta, CNBC Indonesia - Boy grup kenamaan BTS akan segera menggelar konser gratis di Busan, Korea Selatan. Bertajuk "BTS Yet to Come in Busan," konser itu bakal digelar pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Pergelaran tersebut bertujuan untuk membantu menarik perhatian dunia ke acara 2030 Busan World Expo. Dana untuk konser tersebut mencapai 7 miliar won atau setara dengan Rp76 miliar.

Konser BTS, yang diperkirakan akan ditonton sekitar 100.000 penggemar, akan dilangsungkan sebulan lagi. Kendati demikian, Pemerintah Kota Busan belum memastikan siapa yang akan mendanai konser tersebut.

"Kami harus menghabiskan sekitar 7 miliar won, tapi tidak ada tempat (pihak) yang mau membayar, jadi semua orang tampak saling melempar (tanggung jawab terkait biaya)," kata pejabat dari kalangan bisnis dan budaya, melansir Allkpop, Kamis (8/9).

Menanggapi hal tersebut, seorang pejabat dari sekretariat panitia lelang mengatakan pendanaan untuk konser BTS di Busan diserahkan semuanya pada HYBE (label BTS).

Sementara itu, HYBE mengatakan bahwa label dan perusahaan lainnya seperti Samsung, SK, Hyundai, LG, Lotte, CJ akan berpartisipasi sebagai sponsor resmi untuk konser BTS di Busan. Namun, perusahaan-perusahaan tersebut memaparkan bahwa mereka belum menerima permintaan sponsor apapun dan tidak ada rencana untuk mendukung biaya.

Pada akhirnya, konser tersebut akan segera disponsori oleh perusahaan. Jika sponsor perusahaan tidak memungkinkan, HYBE dapat menutupi jumlah yang tersisa.

Menurut data dari Layanan Pengawas Keuangan, HYBE membukukan penjualan 797,1 miliar won (sekitar Rp8,6 triliun) di semester pertama tahun ini saja. Laba bisnis perusahaan adalah 125,3 miliar won (sekitar Rp1,3 triliun), sementara laba bersihnya adalah 129,5 miliar won (sekitar Rp1,4 triliun). Karena itu, agensi dinilai memiliki kemampuan finansial untuk menutupi biaya konser.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jelang Konser BTS, Hotel Naikkan Tarif Hampir 33 Kali Lipat!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading