Kotak Pengusir Vampir Dilelang, Harganya Tembus Rp231 Juta!

Lifestyle - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 August 2022 19:21
Peratan pembunuh vampir. (Dok: Mark Laban) Foto: Peratan pembunuh vampir. (Dok: Mark Laban)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah kotak pengusir vampir dari abad ke-19 terjual senilai US$15.600 atau sekitar Rp 231 juta dalam lelang. 

Di dalam kotak terdapat satu set pistol, bubuk mesiu, air suci, Alkitab, palu kayu, tiang kayu, tempat lilin dari kuning, dan kalung salib. Di dalam kotak itu juga terdapat dokumen dari Polisi Metropolitan, satuan yang melayani wilayah di sekitar London, yang mendaftarkan vampir pada tahun 1915.

"Tugas membunuh vampir sangat serius, dan catatan sejarah menyarankan perlunya metode dan alat tertentu," kata Charles Hansons, yang menjual kotak misterius itu, dikutip dari Live Sciences, Rabu (31/8/2022).

"Barang-barang keagamaan yang penting, seperti salib dan Alkitab dikatakan bisa mengusir monster-monster ini. Karenanya, barang-barang itu ada di dalam peti."

Peti pengusir vampir itu dulunya dimiliki oleh bangsawan dan administrator Inggris bernama Lord Hailey (1872-1969). Tidak diketahui apakah dia memiliki kotak tersebut karena berharap bisa membantu menangkal vampir atau hanya membelinya karena terpesona.

"Namun, di tengah karirnya yang termasyhur, dia tertarik pada peralatan pembunuh vampir ini. Itu bisa dimengerti. Benda-benda ini membuat penasaran sekaligus menarik," jelasnya.

Sebagai informasi, mitologi vampir sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Para arkeolog menemukan sisa-sisa manusia purba di Yunani yang ditimpa dengan batu berat untuk menahannya tetap di kuburan. Praktek ini kemungkinan dilakukan karena masyarakat di zaman itu khawatir mayat tersebut bisa bangkit lagi dan mengganggu kehidupan mereka. 

Live Science melaporkan keyakinan pada makhluk misterius tersebut kemungkinan berasal dari kurang pahamnya mengenai penyakit menular dan proses fisik alami yang dialami mayat saat membusuk. Misalnya sisa-sisa cairan dari saluran pencernaan yang membusuk kadang keluar melalui mulut dan hidung mayat. Cairan berwarna gelap itu terlihat seperti darah. Selain itu, rambut, janggut, dan kuku terus tumbuh setelah kematian, yang mungkin membuat beberapa orang berpikir bahwa orang yang baru saja meninggal masih hidup.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ditemukan Danau Berusia 2.500 Tahun, Diyakini Kolam Suci


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading