12 Cara Frugal Living, Gaya Hidup yang Bikin Cepat Raya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 August 2022 16:10
Ilustrasi Menabung (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash) Foto: Ilustrasi Menabung (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang yang ingin kaya raya dan hidup sejahtera. Untuk mewujudkannya, tak jarang orang menerapkan frugal living adalah hidup hemat.

Frugal living merupakan gaya hidup di mana seseorang membuat keputusan yang sadar atas pengeluaran mereka, namun tetap bisa memprioritaskan hal-hal yang penting. Jika dilakukan secara benar, maka pelaku yang mengadopsi gaya hidup ini bukan tidak mungkin bisa mencapai tujuannya.

Berikut adalah cara gaya hidup frugal living yang bisa membantu Anda kaya lebih cepat:

1. Catat Pengeluaran

Sebelum memulai frugal living, Anda harus tahu ke mana uang Anda pergi. Anda mencatatnya dalam jurnal, menggunakan aplikasi pengelola keuangan, atau dengan membuat tabel pengeluaran finansial.

2. Kontrol Biaya Makan

Biaya untuk makanan sehari-hari adalah hal krusial, namun seringkali mengacaukan pos pengeluaran. Terapkan disiplin diri bahwa budget uang makan tidak boleh melebihi aturan.

3. Manfaatkan Diskon

Anda tetap bisa membeli barang yang diinginkan, tapi dengan strategi memanfaatkan promo atau diskon. Ingat, barang yang Anda beli harus yang dapat menunjang kinerja sehari-hari dan yang benar-benar dibutuhkan.

4. Jual Barang yang Sudah Tidak Digunakan

Selain untuk menghemat ruangan, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa menambah tabungan masa depan.

5. Cerdik Memilih Transportasi

Menggunakan taksi menuju tempat kerja memanglah nyaman. Namun jika mau lebih berhemat, kenapa memilih naik taksi jika ada alternatif lain seperti kereta atau bus. Itu akan lebih aman untuk kantong.

6. Sortir Biaya Langganan Platform

Ingat, jangan semua layanan hiburan Anda gunakan. Pilihlah salah satu saja yang paling sering digunakan. Jangan buang-buang uang untuk sesuatu yang bahkan jarang Anda gunakan.

7. Menabung dan Berinvestasi

Manfaat frugal living adalah kemerdekaan finansial di masa depan. Jadi jangan lupa mengalokasikan pendapatan untuk berinvestasi dan menabung.

8. Masak Sendiri

Usahakan untuk memasak sendiri dan kurangi beli di luar. Memasak makanan sendiri dapat memotong pengeluaran makan hingga 50 persen.

9. Beli produk elektronik hemat energi

Meski sedikit mahal, membeli produk elektronik yang hemat energi akan memotong biaya listrik bulanan Anda. Ini justru bisa membuat Anda berhemat untuk jangka yang lebih panjang.

10. Konsisten

Disiplin mematuhi anggaran yang dibuat bisa mencegah Anda membeli barang yang tidak diperlukan.

11. Cobalah menanam sayuran

Menanam buah dan sayur untuk konsumsi sehari-hari juga bisa memotong pengeluaran makanan Anda.

12. Asah kreativitas

Selain melatih kreativitas, membuat produk sendiri dari barang tak terpakai juga bentuk penghematan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Kerja Keras Bagai Kuda tapi Susah Kaya? Ini Penyebabnya


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading