Terungkap! Ini Alasan Crazy Rich Dunia Pindah ke Dubai

Lifestyle - hsy, CNBC Indonesia
08 August 2022 14:10
Suasana Dubai ditengah pandemi Covid-19. (AP/Kamran Jebreili) Foto: Suasana Dubai di tengah pandemi Covid-19. (AP/Kamran Jebreili)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dubai di Uni Emirat Arab sejak dulu telah menjadi rumah bagi para triliuner dunia. Namun, jumlah orang kaya yang pindah ke Dubai sejak pandemi meningkat. Apa penyebabnya?

Mengutip laporan Forbes, seorang pengusaha di bidang teknologi baru saja pindah ke Dubai pada musim panas 2021 lalu. Dia juga membawa keluarganya, kantor keluarga mereka, serta 30 mobil mewah. Semuanya adalah hal yang dibutuhkan seorang triliuner untuk memulai hidup baru di Dubai.

"Di sini sangat aman untuk anak-anak saya. Los Angeles tidak lagi seperti dulu. Kejahatan meningkat sejak Covid," kata pengusaha berusia pertengahan 50-an yang tidak mau disebutkan namanya itu.


Dubai/Kamran Jebreili/APFoto: Dubai/Kamran Jebreili/AP
Dubai/Kamran Jebreili/AP

Menemukan rumah dengan ruang yang cukup menampung 30 mobil bukan hal mudah, kata Rohal Kohyar, direktur pemasaran Luxhabitat Sotheby's International Realty, yang membantu kepindahan pengusaha asal Amerika tersebut. Akhirnya mereka mengubah ruang bawah tanah di sebuah villa menjadi garasi raksasa.

Sementara, untuk memindahkan kantornya ke Dubai, pengusaha asal Amerika ini membutuhkan tim yang terdiri dari sekitar 30 spesialis.

Kohyar memperkirakan 20 triliuner telah membeli properti di Dubai pada 2021. Dan Luxhabitat Sotheby's International Realty menyebut ada peningkatan bisnis sekitar 300% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Sekarang orang membeli properti mewah untuk benar-benar ditinggali bersama keluarga mereka."

Tak cuma itu, menurut Kohyar, para crazy rich ini nampak terburu-buru untuk pindah. Mereka bahkan tidak menunggu sampai renovasi selesai. 

Kohyar mengatakan sebagian besar kliennya berasal dari negara-negara besar Eropa, seperti Inggris, Swiss, dan Jerman. Perusahaan lain mengatakan banyak juga yang berasal dari Singapura dan Hong Kong.

Selain kotanya yang modern, para crazy rich dunia memilih Dubai sebagai tempat tinggal baru karena kota ini dianggap berhasil menangani pandemi. Pemerintah setempat bergerak cepat mendistribusikan vaksin kepada 3 juta penduduk. Biaya tes PCR murah dan mudah. Selain itu, saat awal pandemi, Dubai hanya menerapkan lockdown selama dua bulan. 

Tapi, hal paling menarik yang kemungkinan menjadi alasan banyak crazy rich pindah ke Uni Emirat Arab yakni karena tidak adanya pajak penghasilan. Ini artinya, jika para pengusaha memindahkan perusahaannya ke Dubai, bisnis bisa bertahan lebih baik. 

Pemerintah Dubai sendiri punya ambisi menjadikan kotanya sebagai tech hub seperti Silicon Valley. Mereka bahkan memiliki target untuk mendirikan 1.000 perusahaan digital besar selama lima tahun ke depan. Karenanya, Dubai memberikan visa untuk tinggal bagi para ahli komputer dan siswa berprestasi. 

Di samping itu, Uni Emirat Arab juga telah memberikan golden visa kepada para aktor. Yasmin Abdelaziz, seorang aktris Mesir populer diberikan visa istimewa pada 2021 lalu. Semua faktor itu menjadikan Dubai sebagai tempat tinggal baru yang menarik di mata para orang kaya dunia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gak Nyangka! Orang Kaya Beneran, Gaya Hidupnya Begini


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading