Anak Anda Punya IQ Superior? Begini Cara Mendidiknya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 July 2022 12:50
Ilustrasi IQ (Pixabay) Foto: Ilustrasi IQ (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Skor Intelligence Quotient (IQ) biasanya digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Namun, perlu diketahui, ada banyak 'spektrum' kecerdasan, termasuk kecerdasan emosional, musik, visual-spasial, naturalistik, dan linguistik-verbal.

Karena itu, selain tes IQ, ada juga Skala Kecerdasan Dewasa Wechsler, Skala Kecerdasan Stanford-Binet, dan Tes Prestasi Individu Peabody.

Ani merupakan salah satu orang tua yang memiliki anak dengan IQ superior. Usai mendaftarkan anak mengikuti tes psikologi, dia baru tahu kalau putranya ternyata punya IQ di atas rata-rata alias superior dengan skor 95 berdasarkan skala tes intelegensi Colour Progressive Matrices (CPM). Meski baru berusia 5 tahun 7 bulan, sang putra dikatakan siap masuk SD.


Padahal, sebelumnya Ani khawatir karena sang anak nampak tak bersemangat dengan pelajaran di Taman Kanak-kanak (TK). Ia enggan masuk sekolah dan nampak berbeda dengan anak seusianya. 

Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua saat mengetahui anaknya memiliki IQ superior? Informasi selengkapnya >>> di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek Daftar Orang Jenius dengan IQ Tertinggi di Dunia


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading