Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di RI, Ada Kota Kamu?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 July 2022 10:05
Bromo Tengger Foto: Pemkab Malang

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Eropa sedang mengalami gelombang panas ekstrem, sejumlah wilayah di Indonesia justru mengalami suhu dingin. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan kondisi alamiah yang terjadi saat memasuki puncak musim kemarau. Di Indonesia sendiri, puncak musim kemarau akan terjadi pada Juli hingga September 2022 mendatang.

Berikut ini daftar wilayah suhu terdingin di Indonesia sebagai dampak puncak musim kemarau tahun 2022.


1. Nusa Tenggara Timur

Sebagian besar wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilanda suhu dingin. Suhu di wilayah tersebut mencapai 10 derajat celcius dan kemungkinan akan lebih dingin lagi mengingat puncak musim dingin akan terjadi di Bulan Agustus 2022 mendatang.

Wilayah dingin itu terjado di Ruteng, Bajawa, Kabupaten Ngada, dengan suhu terendah 14 derajat celcius dan Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan suhu 16 derajat celcius.

2. Dieng, Jawa Tengah

Beberapa waktu lalu, cuaca ekstrem terdingin menyelimuti kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Di daerah tersebut terjadi fenomena embun es yang muncul selama dua hari berturut-turut. Dilaporkan bahwa suhu dingin di Dieng mencapai minus satu derajat celcius.

3. Semarang

Tidak seperti biasanya, suhu di Semarang juga menjadi lebih dingin. Suhu rata-rata mencapai 21 derajat celcius. Fenomena tersebut akan berlangsung hingga bulan Agustus 2022.

4. Bandung, Jawa Barat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Jawa Barat juga mencatat suhu di wilayah Bandung sedang dalam kondisi terdingin dengan suhu sampai 16 derajat bahkan sampai 14 derajat di wilayah Lembang.

Suhu di wilayah Bandung tahun ini diprediksi akan lebih dingin disebabkan kemarau basah yang tengah berlangsung. Suhu dingin di wilayah Bandung masih akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan dengan perkiraan di bawah 17 derajat celcius.

5. Kawasan TN Bromo Tengger Semeru

Selain di Dieng, fenomena embun es juga terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Hal itu terjadoo akibat penurunan suhu udara yang cukup ekstrem.

Penurunan suhu udara itu mencapai 2-6 derajat celsius. Fenomena embun es itu bisa dijumpai di kawasan TNBTS yang berada pada ketinggian 500 mdpl ke atas.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

15 Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Indonesia, Ada Gojek?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading