12 Manfaat Minyak Zaitun Buat Kulit dan Kesehatan Tubuh

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
25 July 2022 19:42
Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Steve Buissinne from Pixabay) Foto: Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Steve Buissinne from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak manfaat minyak zaitun buat kulit dan kesehatan tubuh. Tak heran jika minyak zaitun kerap diburu sebagai alternatif minyak goreng kelapa sawit untuk mengolah makanan atau sekadar menjadi bahan campuran.

Sebagai salah satu jenis minyak yang sehat dan baik untuk kesehatan, minyak zaitun punya kandungan nutrisi yang bermanfaat buat kulit dan kesehatan tubuh Anda. Namun, mungkin masih banyak yang belum pernah melihat minyak zaitun atau mengenal jenis minyak ini.


Apa Itu Minyak Zaitun?


Minyak zaitun merupakan produk olahan yang diambil dari ekstrak buah zaitun. Jadi, buah zaitun dihancurkan menjadi pasta dan dimasukkan melalui proses sentrifugasi atau membentuk endapan dan menyisakan cairan untuk memisahkan minyaknya.

Nantinya, hasil pemisahan minyak tersebut disimpan dalam tangki stainless steel yang terhindar dari sinar matahari dan oksigen. Pada akhirnya, minyak zaitun bakal disimpan dalam botol kaca gelap agar tetap sehat.


Jenis Minyak Zaitun

Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun atau olive oil terbagi menjadi tiga varian, yakni extra virgin, virgin, dan refined (light). Berikut penjelasannya:


1. Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil adalah minyak zaitun yang melalui proses cold pressed. Jadi, buah zaitun hanya diperas, tidak diolah dengan bahan kimia dan tidak diubah oleh suhu tertentu.

Minyak zaitun jenis ini punya tingkat keasaman satu persen, rasa yang lebih kuat, dan harga paling mahal. Umumnya, extra virgin olive oil berwarna hijau keemasan atau hijau cerah. Semakin pekat warna minyak zaitun jenis ini, semakin kuat cita rasanya. Ini juga menandai banyak kandungan vitamin dan mineral alami yang ada.


2. Virgin Olive Oil

Selanjutnya ada minyak zaitun jenis virgin. Sebenarnya, proses ekstraksi virgin olive oil kurang lebih sama seperti jenis minyak zaitun extra virgin. Namun, tingkat keasamannya lebih tinggi sedikit di kisaran 1-3 persen.

Jenis minyak zaitun ini adalah kualitas tertinggi kedua dan mempunyai rasa enak. Biasanya minyak zaitun jenis ini cocok ditambahkan untuk olesan pada roti, tumisan sayur, dan salad dressing.


3. Refined Olive Oil

Seperti namanya, refined olive oil berarti minyak zaitun yang mengalami proses pemurnian atau penyulingan. Jadi, minyak zaitun jenis ini dipanaskan dan ditambahkan zat kimia dalam proses ekstraksinya sehingga tidak memiliki rasa dan aroma khas seperti versi unrefined.

Selain itu, teksturnya lebih ringan dengan titik didih yang tinggi. Warnanya kuning dan bening, sama seperti minyak goreng pada umumnya. Anda bisa menambahkan refined olive oil untuk memasak dengan suhu tinggi, seperti membakar, menggoreng, memanggang, dan menumis.


Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun


Minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang tinggi. Meski begitu, lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6. Berikut kandungan nutrisi dalam 1 sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun:


13,5-14 gram lemak

0,1 miligram kalsium

0,1 miligram kalium

0,3 miligram natrium

1,9 miligram vitamin E

8 mikrogram vitamin K


Manfaat Minyak Zaitun Buat Kulit dan Kesehatan Tubuh


Manfaat minyak zaitun buat kulit, kesehatan tubuh, dan wajah berasal dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya, seperti vitamin A, D, E, serta K. Berikut penjelasan lengkapnya:


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Virgin olive oil terbukti memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Rendahnya kadar kolesterol dalam darah dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.


2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Minyak zaitun disarankan untuk digunakan mengolah makanan. Ini karena konsumsi minyak zaitun bisa meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan kuat dalam minyak zaitun memiliki tindakan antiinflamasi yang bisa juga mengurangi kerusakan DNA.


3. Memelihara Fungsi Otak dan Menghindari Penyakit Alzheimer

Manfaat lain minyak zaitun adalah menjaga kesehatan dan fungsi otak. Kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun disebut bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke, demensia, dan alzheimer. Selain itu, mengonsumsi extra virgin olive oil juga bermanfaat untuk melindungi memori dan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan protein yang menumpuk di otak.

Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Jill Wellington from Pixabay)Foto: Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Jill Wellington from Pixabay)
Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Jill Wellington from Pixabay)


4. Melembabkan Wajah

Minyak zaitun disebut mampu melembabkan wajah. Kulit yang rutin dioleskan minyak zaitun pada malam hari dipercaya akan terasa lebih segar dan terhidrasi karena minyak menyerap pada kulit.


5. Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat minyak zaitun buat kulit lainnya adalah memudarkan bekas jerawat. Caranya cukup pijat minyak zaitun ke wajah dengan lembut untuk mengatasi hiperpigmentasi, yakni kondisi kulit menjadi gelap karena bekas jerawat.

Manfaat minyak zaitun satu ini disebut berasal dari efek vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Zat-zat tersebut dipercaya mampu membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi. Anda juga bisa mencampur minyak zaitun dengan beberapa tetes air perasan lemon.


6. Mengatasi Sembelit

Pola makan kurang sehat, seperti jarang minum air atau kurang mengonsumsi makanan berserat disebut sebagai penyebab sembelit. Selain mengonsumsi serat dari buah dan sayuran, sembelit juga bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Lemak dalam minyak zaitun dipercaya mampu membantu menghaluskan bagian dalam usus dan memudahkan buang air besar. Caranya, minum satu sendok makan minyak zaitun saat perut kosong di pagi hari.


7. Menjaga Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet, minyak zaitun bisa dicoba untuk menjaga berat badan. Minyak zaitun juga baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas. Namun, Anda juga perlu tetap berolahraga secara rutin, membatasi asupan kalori, dan menjalani pola makan sehat.


8. Mencegah Depresi

Kandungan minyak zaitun murni ternyata dapat membantu melindungi sistem saraf. Ini disebut berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan. Orang yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, dipercaya bisa mengurangi risiko depresi daripada mereka yang mengonsumsi lemak jenuh.


9. Menurunkan Risiko Diabetes

Senyawa fenolik yang ada dalam minyak zaitun murni disebut bisa membantu metabolisme glukosa serta meningkatkan sensitivitas dan efektivitas insulin. Jadi, minyak zaitun juga mampu menurunkan risiko diabetes melitus atau tipe 2, yakni kondisi tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau menolak insulin.

Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun juga dipercaya bisa membantu menormalkan glukosa darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Anda perlu mencobanya untuk menurunkan risiko diabetes.


10. Meningkatkan Kualitas Sperma

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E. Ternyata, vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan jumlah dan pergerakan sperma. Jadi, vitamin E dalam minyak zaitun dipercaya bisa melindungi membran sel sperma dari kerusakan.


11. Mengurangi Disfungsi Ereksi

Bagi Anda para pria, konsumsi minyak zaitun disebut mampu membuat pembuluh darah yang lebih sehat sehingga mendukung sirkulasi yang lebih baik, termasuk saat berhubungan intim. Konsumsi minyak zaitun juga diklaim mampu mengurangi risiko disfungsi ereksi hingga 40 persen.


12. Menjaga Kesehatan Prostat

Terakhir, minyak zaitun juga dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan prostat. Kandungan likopen dalam minyak zaitun diklaim mampu melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas, yakni salah satu faktor yang mungkin berpengaruh dalam penurunan kesehatan prostat.


Cara Menyimpan Minyak Zaitun Agar Awet


Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun buat kulit dan kesehatan tubuh, Anda perlu tahu cara menyimpan minyak zaitun agar awet. Pasalnya, menyimpan minyak zaitun terbilang gampang-gampang susah. Ini karena minyak zaitun tak mampu bertahan di suhu panas dan terkena sinar matahari langsung.

Jika salah cara menyimpan, minyak zaitun bisa lebih cepat tengik. Berikut cara menyimpan minyak zaitun agar awet yang bisa Anda coba di rumah:


1. Simpan dalam Botol Kaca

Minyak zaitun sebaiknya disimpan dalam botol kaca agar lebih awet. Botol kaca yang tertutup rapat bisa menahan udara yang masuk. Simpan minyak zaitun di dalam botol kaca selama 1-2 bulan setelah dibuka untuk menghindari minyak menjadi tengik.

Sebaiknya, simpan minyak zaitun dalam botol kaca berwarna gelap untuk melindungi minyak dari paparan sinar matahari. Hindari menyimpan minyak zaitun dalam kantong plastik karena akan ada bahan kimia yang bisa meresap ke dalam minyak.


2. Simpan dalam Botol Keramik

Selain botol kaca, Anda juga bisa menggunakan botol keramik sebagai alternatif untuk menyimpan minyak zaitun. Keramik bagus untuk menyimpan minyak karena bisa menghalangi cahaya dan udara yang masuk.

Selain itu, dinding botol keramik yang tebal bisa menghalangi panas suhu udara. Namun, jangan mencampurkan minyak zaitun lama dengan yang masih segar agar tidak mempengaruhi rasa minyak.


3. Pilih Lokasi Penyimpanan yang Tepat

Untuk minyak zaitun biasa, Anda bisa menyimpannya dalam botol dan bisa ditaruh di sebelah kompor. Namun, untuk minyak zaitun jenis extra virgin dan virgin sebaiknya disimpan di dalam lemari dapur yang gelap serta jauh dari panas kompor agar kualitas minyak tetap terjaga.


4. Jaga Suhu Udara

Terakhir, jaga dan perhatikan suhu udara saat menyimpan minyak zaitun. Simpan minyak zaitun di lemari yang sejuk, kering dan gelap, serta jauh dari sinar matahari. Sementara, suhu terbaik untuk menyimpan minyak zaitun adalah 13 derajat celsius. Namun, suhu ruangan di titik 20-25 derajat celsius masih dianggap wajar untuk menyimpan minyak zaitun.


Nah, itulah 12 manfaat minyak zaitun buat kulit dan kesehatan tubuh. Jadi, jangan sampai melewatkan minyak zaitun untuk mengolah makanan agar kulit dan tubuh Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deretan Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan, Cek Nih


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading